Posted in 1 tahun, sekolah

Popay Montessori Summer class day #2

image
Hari ini sekolahnya diantar ayah.. Lalu karena pengalaman melelahkan kemarin, mulailah kami mencari alternatif jalan. Lewat kalimalang gak bersahabat banget ternyata kalau pagi..

Sampai sekolah tetap telat sih.. Tapi paling tidak, waktu di jalan lebih singkat..

Art&craft hari ini, fruit stamping menggunakan belimbing. Maksudnya agar berbentuk bintang2 di kertas.. Tapi punya Anelka gak ada bintang2nya haha.. Sibuk corat coret sih :))
image
image
Setelah selesai, seperti biasa diminta jalan ke washtafel untuk cuci tangan.. aahh kalau udah cuci tangan begini betah deh si mas hehe
image
Eh ternyata prakaryanya belum selesai.. ada lagii menempel manik2 di atas gambar kupu2.. Aku sengaja nggak bantu.. Jadi walau berantakan dan belum selesai yaa emang bikinannya sendiri hehe
image
Habis itu, biasa deh nanyi2 sambil missnya joget2.. Nah tumben nih udah mulai mau masuk di lingkaran. Meskipun cuma bengong ngeliatin..
image
Setelah pulang, as always Anelka nggak lepas ngeliatin aquarium isi ikan.. dan missnya kasih ijin buat ngasih makan ikan! Horee hihi..
image

Kesan hari kedua:
Lebih santai dan nggak secapek kemarin. Anelka juga senang, aku pun lebih ceria.. Setelah kupikir2, mungkin karena pagi diantar dan pulangnya pakai taksi memang lebih enak. Gak capek liatin macet.. Batin lebih tenang haha..
Perlu supir ternyata yaaa :))
Oiya, untuk taksi. Gampang sih cari dari apartemen tempat Popay berada ini. Soalnya dekat sini memang ada pool taksi.. Jadi di sepanjang jalan ya ada aja.. Satpamnya juga baik, mau bantu panggilin πŸ™‚

Posted in sekolah

Sekolah sekolah di Bekasi

Entah yaa, kemarin itu rasanya capek, lelah. Untuk jarak 21KM dari rumah, waktu tempuh pergi 1, 5jam, pulang 45menit kayaknya too much buat Anelka yang masih kecil..

Ok, mari mencari alternatif beberapa pilihan sekolah di Jatibening Bekasi.

Sekolah Citta Bangsa
Katanya ini dulunya Putik. Sekarang ganti nama. Gampang nyari sekolah ini. Begitu sampai, disambut dengan ramaaaaah sekali..
Jadi untuk kelas toddler masih 2x seminggu sekolahnya..
Tapi sayang sekali mbak yang menerima saya nggak bisa menjelaskan tema2 apa yang akan diajarkan.
“Tergantung gurunya”, katanya.
Field trip juga katanya ada. Tapi “tergantung gurunya”. Jadi sepertinya belum dishare, atau belum dibuat materi untuk periode pengajaran berikutnya. Jadi kurang meyakinkan hehe..

image

image

image

Biaya
Kelas bintang (1, 5thn-2thn)
Joining fee: 2, 000, 000
Iuran bulanan: 550, 000

Edelweiss

image

Saya nggak berniat kesini tadinya. Tapi sekalian lewat, yasudah lah mampir saja tanya2..
Sekolahnya ada tepat di pintu masuk perumahan Jati Bening Estate. Ada toddler-SD kalau nggak salah.
Saya masuk, mbak2 informasinya sedang makan. Lalu berusaha menelan habis yang ada di mulutnya,Β  baru mencoba berbicara dengan saya. Umm buat saya itu udah nilai minus hehe..
Oke, saya mulai tanya2 tentang program.
Secara singkat, sebelum memulai pelajaran setiap harinya, anak2 dipersilakan main di “Discovery Room”.
Isinya mainan segala rupa. Ruangannya ada di paling depan menghadap jalan raya. Dan agak bahaya juga kalau nggak diawasi, anak2 bisa lari ke jalanan. Meskipun ada pagar, tapi tetap bisa keluar hehe..

image

Yang bikin saya agak kaget, kelas Kiddy 1 (2thn) sudah diajarkan menulis huruf, angka, dan ada PR!! O_o
“Ada fasilitas apa aja ya mbak?”
“Yaa ruangan kelas ber-AC. Ada 1 kelas yang ada kamar mandinya di dalam. Kelas yang lain sih nggak ada, kelas itu doang. Udah sih itu aja”
Saya udah senyum aja deh hehe..
Dan yang saya kurang suka lagi,Β  pelajaran agama itu diajarkan 1x dalam seminggu, di luar jam kelas rutin. Jadi ada tambahannya sekitar 45menit kalau tidak salah. Dan dipisah2 berdasarkan agama masing2.

Biaya
Gak ada brosur atau apa.. Dikasih lihat kertas dalam map ya saya foto aja.
Agak kurang jelas, bukan karena blitz yaa.. karena cahaya matahari terpantul plastik.

image

Unity School
Sepanjang Jati Bening banyak sekali spanduk. Salah satunya sekolah ini. Saya menepi sebentar, browsing, buka websitenya trus langsung suka! Aduh lucu iihhh…
Oke meluncur ke Galaxy..
Dari awal masuk Galaxy Bekasi,Β  itu ada papan petunjuk jalannya terus ke Unity. Jadi gampang carinya.. sampai di sebuah ruko jalan jelek, nggak ada tanda lagi dan orang2 sekitar nggak ada yang tau Unity itu apa dan di mana..
“Adanya Gis”, katanya..
Sampai satpam juga banyak yang nggak tauu..

Ternyata setelah ketemu,Β  memang sekolah ini dulunya GIS, Golden International School. Oalaaaahh..
Agak kaget sih.. kok seperti gedung lama dan catnya kusam.. kirain sekolah baru.. Dan nggak match banget sama websitenya hehe..

image

Masuk ke sana, saya diminta duduk menunggu di depan meja informasi, karena akan dipanggilkan wakil kepala sekolah.
Wah! Kaget, kagum. Serius sekali mereka. Nilai plus!
Setelah ngobrol2 dengan kepala sekolah, agak2 saya simpulkan, sekolah ini agak mirip dengan Edelweiss.
Tema2nya sama.. Diajarkan menulis, huruf, angka, dan dari yang saya tangkap, metodenya mirip.
Unity ini pro diknas sekali. Sampai2 umurΒ  Anelka kurang 1 bulan dari yang ditetapkan saja nggak bisa masuk. Jadi mesti tunggu di kloter berikutnya hehe..
Hmm..
Saya nggak keliling sekolah, nggak keliling kelas.
Mereka nggak punya indoor playground. Hanya ada outdoor, yang di depan pintu masuk.

image

Biaya
Untuk kelas toddler
Uang Pangkal: 3, 000, 000
Uang kegiatan: 1, 300, 000
Seragam: 400, 000
Formulir: 250, 000
Spp/bln: 350, 000

Global Prestasi School
Ternyata gedung TK pisah dengan SD-SMA. Yang saya datangi yang di samping Mitra10 kalimalang.
TKnya ada di komplek Pondok Kelapa Indah. Bentuknya rumah.. nanti saya update yaaa…

Sekolah Mutiara International School
Bingung banget sama sekolah ini nih… Kemarin nggak ketemu saya muter2.. Katanya di Jl.Cikunir raya.. saya telusuri belum ketemu. .
Katanya lagi dari billboard-nya, entrance 200m. Padahal berdasarkan peta saya 600m baru ada jalan masuk hehhe…
Nanti kalau lagi niat, saya cari lagi ya sekolahnya…

Kesimpulan saya, saya belum puas hehe.. belum ketemu sekolah yang satu tujuan dengan saya dalam membesarkan Anelka.. huhu…
Kalau nggak ketemu2 gini, kemungkinan akan di highscope kuningan.. tapi jaraknya ituuuu hikss. .

Posted in 1 tahun, sekolah

Popay MontessoriSummer class #day1

image

Deg2an!
Soalnya Anelka demam sejak semalam. Gak rewel sih. Tetep main sana sini kayak gak lagi demam. Padahal lumayan tinggi suhunya, 38,7.
Daaan karena anaknya gak kelihatan lemas, kuputuskan tetap ke Popay.

Perlu diingat, summer class ini isinya hanya main2 yaa.. gak bertema atau bertarget seperti saat masuk sekolah biasa. Jadi materinya biasa aja.

Sampai Popay, terlambat aja doong hihi sudah kuduga. Dan keterlambatan ini berlangsung terus selama 10 hari kedepan :))

Sampai kelas, teman2nya sedang sibuk dengan prakarya masing2. Kami berkenalan singkat dengan guru2nya, lalu Anelka dikalungi name tag bertuliskan “Langit Anelka”

image
Suasana kelas ketika Anelka datang. Sibuk!

image

Prakarya hari ini, menempelkan colored rice ke atas gambar bunga. Karena Anelka terlambat, warna warni beras sudah tercampur jadi satu hihi..

Setelah selesai (punya Anelka belum tertempel beras semua sih, tapi dia maunya gitu aja), diajari untuk membereskan serpihan beras di meja.. Mereka diminta mengambil sapu dan pengki di tempatnya, bersih2 meja, lalu mengembalikan sapu tadi ke tempatnya.

image

Setelah bersih semua, anak2 kecil ini diminta duduk di lingkaran biru untuk bernyanyi dan menari bersana.
Anelka sempat nggak mau sih, dia pilih melihat ikan di dalam aquarium yang berada di luar kelas πŸ˜€

image

Setelah kubujuk, akhirnya dia mau mendatangi lingkaran biru tapi nggak lama.. lebih tertarik keliling kelas..oh masss :p

image

Setelah nyanyi2 dan joget singkat, mereka bermain permainan umm apa yaa namanya? Yang kalau musik berhenti, langsung rebutan kursi itu lhooo..
Anelka gak mau ikutan muter2in dan rebutan kurssi.. dia malah menarik kursi sendiri hihi..
Pinter amat sih, mas.. kursi banyak ngapain rebutan yaa? :’)

image

image

Kegiatan selanjutnya, story telling! Aakk Anelka juga cuma bertahan sebentar aja dengerinya :)) oh well..

image

Sekian pengalaman ke sekolah hari ini…

Gimana kesaannyaaa?
Honestly,Β  i’m not happy 😦
Lho kok pendapat ibunya?
Yah aku aja nggak seneng, apalagi Anelka.. Dan gimana aku bisa menghibur dia kalau aku juga gak seneng kaaan?
Perjalanan pergi, 1,5jam. Pulang 45menit. Yang diajarin di sekolah termasuk kategori biasa aja lho.. Nggak segitunya dipaksakan untuk diperjuangkan.. Masa hal gitu doang nggak ada di sekolah deket rumah sih? (Dan emang nggak ada huhu syedih) -___-
Seketika aku merasa konyol. It doesnt make sense. Kayaknya energi dan tenaga dikuras selama dalam perjalanan. Hmmm baiklah.. Sepertinya aku harus mencari sekolah dekat rumah lagi nih..

Ya nggak sihhh? :/
Let’s go!