Posted in Marriage, Relationship

Cari pilihan yang layak pilih..

*Sebuah pesan kepada yang belum menikah*

Jaman masih muda dulu kadang suka naif.
Kalau punya pacar, cintaaaa bener sama pacarnya.. Pikirannya nikah, nikah, nikah. Gak tau ya, nikah itu berat? (ini sebagian kasus aja yaa.. tau kok banyak orang yang gak pengen nikah juga hehe)

Kadang yang naif itu suka gak lihat kekurangan2 pasangannya.
“ah nanti juga berubah”
“aku bisa bikin dia berubah”
“ya gapapa deh, dimaafin aja..”

Padahal itu kadang nggak pernah terjadi hehe..

Menikah itu berat. Berat sekali.

Masalahnya komitmen. Masalahnya keterikatan. Masalahnya janji. Janji di hadapan Tuhan.
Untuk bersedia hidup sama2 ketika sakit, sehat, susah, senang..
Kalau kita ternyata gak suka sama pasangan kita, mau kemana?
Bercerai? Gak segampang itu, kan?

Akhir2 ini aku selalu pesan sama yang muda2. Sama adikku dan sepupu2ku.
Bahwa menikah itu berat.
Kita harus berpasangan dengan satu orang sepanjang hidup kita menghadapi berbagai permasalahan yang akan selalu datang.
Bersama orang yang berbeda dengan kita. Bersama orang yang sudut pandangnya berbeda dengan kita. Bersama orang yang latar belakang hidupnya beda dengan kita sehingga pola komunikasinya juga berbeda. Bersama orang yang belum tentu semua karakternya kita sukai. Bersama orang yang kemampuan seksualnya belum tentu sesuai dengan yang kita inginkan. Bersama orang yang birahinya berbeda dengan kita. Dan lain lain lain lain… Gimana kalau kita nggak sanggup menyelesaikan konflik batin dengan hal itu semua?

Aku berpesan, “kalau kalian merasa nggak cocok dengan pasangan kalian saat ini, jangan dicocok2in. Atau kalian akan terus menggerutu sepanjang umur pernikahan kalian. Harus cari pasangan yang sampai bikin kalian nyaman…”

Sesulit itu.

Banyak yang bilang, jangan terlalu banyak pilih2..
HIdup memang selalu penuh dengan pilihan, bukan?
Aku kurang setuju dengan kalimat “semua terserah Tuhan”. Memang semua terjadi atas kehendak Tuhan, tapi kalau kita gak mengusahakan apa2, apa yang harus Tuhan kehendaki?

Aku berharap ada yang berpesan hal ini dengan serius ke aku sebelum aku menikah dulu.
Aku gak berfikir sejauh ini dulu.
Terbuai oleh cerita Princesses dan Drama Romantis, aku berfikir kalau menikah ya toleransinya aja digedein.. Ngobrol aja yang banyak.
Tapi ternyata, untuk mendapatkan pasangan yang mudah diajak ngobrol dan diskusi aja gak segampang itu 🙂

Dan sebelum menikah, emang gak akan keliatan masalah2 yang mungkin timbul.
Karena setelah menikah, hidupmu akan berubah 🙂

Go explore the world!
Cari teman yang buanyaaak.. Kenal dengan berbagai macam orang.. Perkaya rahasia2 alam.. Perkuat karakter diri sendiri.. Be a better person everyday, because you’ll never know who’s you gonna meet each day!!

Have fun and good luck!
Semoga semua yang baca postingan ini bisa berbahagia seperti pasangan ini, kelak sampai usia senja dan renta :”)

BdeMELMIYAAogst
Gambar dapat dari Path gak tau punya siapa. Please cmiiw