Posted in sekolah

Sekolah sekolah di Bekasi

Entah yaa, kemarin itu rasanya capek, lelah. Untuk jarak 21KM dari rumah, waktu tempuh pergi 1, 5jam, pulang 45menit kayaknya too much buat Anelka yang masih kecil..

Ok, mari mencari alternatif beberapa pilihan sekolah di Jatibening Bekasi.

Sekolah Citta Bangsa
Katanya ini dulunya Putik. Sekarang ganti nama. Gampang nyari sekolah ini. Begitu sampai, disambut dengan ramaaaaah sekali..
Jadi untuk kelas toddler masih 2x seminggu sekolahnya..
Tapi sayang sekali mbak yang menerima saya nggak bisa menjelaskan tema2 apa yang akan diajarkan.
“Tergantung gurunya”, katanya.
Field trip juga katanya ada. Tapi “tergantung gurunya”. Jadi sepertinya belum dishare, atau belum dibuat materi untuk periode pengajaran berikutnya. Jadi kurang meyakinkan hehe..

image

image

image

Biaya
Kelas bintang (1, 5thn-2thn)
Joining fee: 2, 000, 000
Iuran bulanan: 550, 000

Edelweiss

image

Saya nggak berniat kesini tadinya. Tapi sekalian lewat, yasudah lah mampir saja tanya2..
Sekolahnya ada tepat di pintu masuk perumahan Jati Bening Estate. Ada toddler-SD kalau nggak salah.
Saya masuk, mbak2 informasinya sedang makan. Lalu berusaha menelan habis yang ada di mulutnya,  baru mencoba berbicara dengan saya. Umm buat saya itu udah nilai minus hehe..
Oke, saya mulai tanya2 tentang program.
Secara singkat, sebelum memulai pelajaran setiap harinya, anak2 dipersilakan main di “Discovery Room”.
Isinya mainan segala rupa. Ruangannya ada di paling depan menghadap jalan raya. Dan agak bahaya juga kalau nggak diawasi, anak2 bisa lari ke jalanan. Meskipun ada pagar, tapi tetap bisa keluar hehe..

image

Yang bikin saya agak kaget, kelas Kiddy 1 (2thn) sudah diajarkan menulis huruf, angka, dan ada PR!! O_o
“Ada fasilitas apa aja ya mbak?”
“Yaa ruangan kelas ber-AC. Ada 1 kelas yang ada kamar mandinya di dalam. Kelas yang lain sih nggak ada, kelas itu doang. Udah sih itu aja”
Saya udah senyum aja deh hehe..
Dan yang saya kurang suka lagi,  pelajaran agama itu diajarkan 1x dalam seminggu, di luar jam kelas rutin. Jadi ada tambahannya sekitar 45menit kalau tidak salah. Dan dipisah2 berdasarkan agama masing2.

Biaya
Gak ada brosur atau apa.. Dikasih lihat kertas dalam map ya saya foto aja.
Agak kurang jelas, bukan karena blitz yaa.. karena cahaya matahari terpantul plastik.

image

Unity School
Sepanjang Jati Bening banyak sekali spanduk. Salah satunya sekolah ini. Saya menepi sebentar, browsing, buka websitenya trus langsung suka! Aduh lucu iihhh…
Oke meluncur ke Galaxy..
Dari awal masuk Galaxy Bekasi,  itu ada papan petunjuk jalannya terus ke Unity. Jadi gampang carinya.. sampai di sebuah ruko jalan jelek, nggak ada tanda lagi dan orang2 sekitar nggak ada yang tau Unity itu apa dan di mana..
“Adanya Gis”, katanya..
Sampai satpam juga banyak yang nggak tauu..

Ternyata setelah ketemu,  memang sekolah ini dulunya GIS, Golden International School. Oalaaaahh..
Agak kaget sih.. kok seperti gedung lama dan catnya kusam.. kirain sekolah baru.. Dan nggak match banget sama websitenya hehe..

image

Masuk ke sana, saya diminta duduk menunggu di depan meja informasi, karena akan dipanggilkan wakil kepala sekolah.
Wah! Kaget, kagum. Serius sekali mereka. Nilai plus!
Setelah ngobrol2 dengan kepala sekolah, agak2 saya simpulkan, sekolah ini agak mirip dengan Edelweiss.
Tema2nya sama.. Diajarkan menulis, huruf, angka, dan dari yang saya tangkap, metodenya mirip.
Unity ini pro diknas sekali. Sampai2 umur  Anelka kurang 1 bulan dari yang ditetapkan saja nggak bisa masuk. Jadi mesti tunggu di kloter berikutnya hehe..
Hmm..
Saya nggak keliling sekolah, nggak keliling kelas.
Mereka nggak punya indoor playground. Hanya ada outdoor, yang di depan pintu masuk.

image

Biaya
Untuk kelas toddler
Uang Pangkal: 3, 000, 000
Uang kegiatan: 1, 300, 000
Seragam: 400, 000
Formulir: 250, 000
Spp/bln: 350, 000

Global Prestasi School
Ternyata gedung TK pisah dengan SD-SMA. Yang saya datangi yang di samping Mitra10 kalimalang.
TKnya ada di komplek Pondok Kelapa Indah. Bentuknya rumah.. nanti saya update yaaa…

Sekolah Mutiara International School
Bingung banget sama sekolah ini nih… Kemarin nggak ketemu saya muter2.. Katanya di Jl.Cikunir raya.. saya telusuri belum ketemu. .
Katanya lagi dari billboard-nya, entrance 200m. Padahal berdasarkan peta saya 600m baru ada jalan masuk hehhe…
Nanti kalau lagi niat, saya cari lagi ya sekolahnya…

Kesimpulan saya, saya belum puas hehe.. belum ketemu sekolah yang satu tujuan dengan saya dalam membesarkan Anelka.. huhu…
Kalau nggak ketemu2 gini, kemungkinan akan di highscope kuningan.. tapi jaraknya ituuuu hikss. .

13 thoughts on “Sekolah sekolah di Bekasi

  1. Sekolah Citta Bangsa memberikan programnya di awal bulan sebelum siswa itu mulai belajar jadi siswa dalam satu bulan ke depan mau apa sudah tau *sampai jadwal berenang, fieldtrip, kelas parenting, panggung boneka, dll, dan sudah jelas memiliki kurikulum sampai satu tahun ke depan. Mungkin bisa ditanya lebih jelas kepada kepala program atau staf yang lebih paham, kalo mba pendamping hanya bertugas menjaga siswa.. Sekolah edelweis juga memiliki visi dan misi sekolah sendiri, demikian juga GIS atau yang lainnya, yang saya tau Laporan siswa di citta bangsa diberikan tiap minggu. Kelas toddler satu minggu 3 kali. fildtrip sudah direncanakan satu tahun ke depan, hanya pelaksanaannya tiap kelas berbeda-beda. Mungkin tidak perlu diberikan penilaian yang menyudutkan satu pihak apalagi informasinya belum lengkap, agar lebih fair buat semua sekolah yang sudah dicantumkan, karena kebutuhan tiap anak itu berbeda. Saya percaya setiap sekolah yang didirikan memiliki tujuan mulia, kekurangan dan kelebihan tiap sekolah agar dilihat sendiri agar lebih objectif. Mohon maaf, sebetulnya mencantumkan data spt foto biaya sekolah di edelweis dan foto2 lainnya itu harus ada ijin dari sekolah tersebut.

    1. Selamat siang, Mbak Atthaya. Salam kenal. Terimakasih atas informasinya 🙂
      saya gak bermaksud menyudutkan semua sekolah di atas. Saya hanya menuliskan opini saya dari apa yang saya lihat waktu saya berkunjung.
      kalau ada yang bagus juga saya puji.

      Memang alangkah baiknya kalau datang ke sebuah sekolah bertemunya dengan kepala program atau kepala sekolah agar semua info diberikan dengan jelas. Tetapi gak semua sekolah menyediakan itu. Dan sebaiknya mungkin yang menerima tamu bisa ditraining lebih dalam agar bisa menyampaikan program2 sekolah. Paling tidak basic infonya.

      Mengenai foto. Apabila saya berkunjung ke sebuah sekolah dan diberi larangan memfoto saya tidak akan memfoto apapun, mbak. Seperti di High Scope dan di Royal Tots Academy. Tetapi kalau tidak ada larangan, saya biasanya memang mengambil foto.
      Semua foto yang saya tampilkan di sini diambil atas sepengetahuan pihak sekolah yang menerima kedatangan saya. Tidak diambil diam2..

      Demikian mbak. Mohon maaf atas ketidak nyamanannya membaca review sekolah di atas 🙂

  2. Memang di indonesia ini sangat perlu berhati-hati dlm mengungkapkan pendapat, kadang niat baik hasilnya malah sebaliknya, msh banyak yg sensitif, bgm klo dilihat dr yg positifnya ya, mungkin malah jd masukan yg bagus dan perbaikan, tks salam hormat

    1. Selamat pagi, Mas Bagus..
      terimakasih atas sarannya. iya, saya hanya berusaha jujur dan tulisan ini memang subjektif sekali karena berdasarkan yang saya rasakan pada saat berkunjung.

      i’ll take a note untuk menulis yang positif2 aja 🙂

  3. Mbak Ay,
    Aku jadi sering mampir ke sini nih. Hihihi…gara-gara mo cari info sekolah.
    Maaf, yang Global Prestasi School udah dibuat reviewnya belon ya ? kebetulan aku rumah di sekitaran GPS dan SVP. Jadi pengen bandingin reviewnya soalnya kalo baca biaya yang mbak share di MD mayan juga ya bedanya…hihihi #Emakirit.
    Thank you yaa

    1. hai mbaak Indaaah (eh bener gak ya panggilannya?) hihi.. Makasih yaaa aku juga jadi mampir blogmu gituu.. that’s a nice writings you have there! hihi

      Yang GPS aku belum tulis2 review karena dia bentuknya rumah biasa aja gitu terus aku bingung nulisnya gimana hehe..
      Dia pisah gedung mbak sama kelas SD ke atas. Adanya di kompleks Pondok Kelapa Indah. Harganya lebih affordable karena kurikulumnya biasa aja.. coba nanti kucek lagi kesana yaa hihi..

      have a nice day! 🙂

  4. Coba cek lagi mba di sekolah citta bangsa, keponakan saya lulusan situ kok.. yg saya tau sih keponakan saya jd mandiri banget, penanganan gurunya juga individual dilihat dari keunikan siswanya. Buat ketemu ownernya aja gampang kok soalnya rumahnya juga disitu kan.. ponakanku udah sd kls 1 dan dia seneng belajar apalagi bahasa komunikasinya itu loh sopan dan pake bahasa yg baik sejak dia usia 3 tahun sekolah disitu.. meski pasti kekurangannya ada krn aku jg cuma bbrp kali antar ponakan, tp yg penting dari semua adalah prosesnya baik dlm mendidik anak shg hasilnya jg baik..klo fasilitas ya semua tergantung harga, ada harga ada rupa..hehehe… ga selalu yg mahal itu jg bagus dan ga selalu yg lbh murah itu jelek..eh sama aja ya.. kaya laskar pelangi aja yg minim fasilitas tapi salut buat guru yg sangat tau karakter dan kemampuan individu siswanya.. semoga ini bisa menambah informasi aja ya….

  5. Ga sengaja nemu reviewnya Ay, aku lagi cari2 sekolah di daerah Bekasi, pengen pindahin Kimi dari sekolah alam yg sekarang, ga sreg sama lingkungannya yg kurang bersih, fasilitas yg gitu2 aja, dan manajemen yg kacau balau, hihihihi
    Sayangnya aku belum nemu sekolah bagus yg deket dari rumah.
    Ay udah survey ke daerah Galaxy?

  6. Thanks review nya mbak. Sedikit banyak ngasih wawasan…rumahku di grand wisata dan nggak banyak pilihan utk lanjutin SD. Ada sih beberapa kandidat di sekitar sini tapi emang kayaknya kalo mau survey ya harus dateng on the spot ya…

    Next time aku coba ke daerah bekasi barar dan sekitarnya deh….

    Thanksssss….

    1. Hi mbak.. Terimakasih yaa sudah mampir..
      Anak2 SVP banyak yang rumahnya di GW kok mbak.. Btw kalau mau liat2 biasanya bulan Sept gitu ada open house kok 🙂

  7. Salam kenal mbak,pengen tanya donk..yg diglobal prestasi gmna ya?Anak saya udah 5thn,..lg cari2 sekolah nich,..dsna fasilitas apa aja ya sama biaya dan hasil dr hunting kesan gmna ya..tks..😊😊

Leave a Reply

