Posted in sekolah

Popay Montessori – Kelapa Gading

Waaah tak kuduga deh lihat2 sekolah di Kelapa Gading. Entah ada angin apa, aku datengin aja sekolahnya kemarin..

Sering denger tentang Popay Montessori (PM) ini, tapi gak terlalu berminat sama lokasinya jadi gak dicaritahu lebih lanjut.. Katanya sih pakai full montessori.. Begitu datang kesana, ada 2 orang staff yang menyapa di information desk. Ada beberapa anak2, suster, dan ibu2 yang mau menjemput..

Setelah bertemu staff administratif dan dijelaskan tentang seluk beluk sekolah, gak jauh beda sama HSI yang baru saya kunjungi. Suasana kelas, waktu dan jam belajar, harga, dll mirip.. Tapi PM ini 2jam saja belajarnya dan ada pilihan hari.. 2, 3 atau 5 kali seminggu.. Kurikulumnya full montessori.. Nggak jadi2an hehe..

PM gak punya fasilitas bermain outdoor sendiri. Playgroundnya di belakang sekolah yang juga di tempat parkir apartemen sehingga kurang aman kalau ada anak yang tidak dijaga saat bermain di sana.. Kolam renang memakai fasilitas apartemen di lantai 5, jogging track atau kegiatan di taman dilakukan di taman boulevard kelapa gading yang membutuhkan kendaraan untuk menuju kesana.. agak kurang nyaman yaaaah πŸ™‚

Baca2 forum sih PM ini jadi favorit ibu2 kelapa gading. Tapi saya agak sedih sih, banyak ibu2 yang kurang mengerti kurikulum suatu sekolah tapi menyekolahkan anaknya di situ karena anak temannya juga di situ misalnya.. Padahal menurut saya, pemilihan kurikulum kan gak sesederhana itu.. dan membutuhkan konsistensi kita sebagai orang tua juga untuk menerapkannya di rumah.. No offense yahh.. just my 2 cents πŸ™‚

Di sebuah forum sekolah Kelapa Gading ada yang berkomentar

“Di PM itu anak kita hanya di suruh main main dan main. Actually kita hanya bayar sekolah for nothing. Mereka dibebasin jadi akademiknya kurang” Atau ada juga yang bilang,

“Katanya alat peraga montessorinya impor dari Belanda. Kelihatan sih high quality gitu, makanya mainnya mesti pakai alas”

😦 hmhhh… saya sampai speechless tapi yaa memaklumi juga, mungkin banyak orangtua sibuk yang kurang mencari tahu tentang latar belakang sekolah anaknya..

Montessori itu biasanya didukung oleh 5 sentra bidang yang berbeda di dalam kelas. Jadi yang di dalam kelas mereka bukan semata2 hanya tumpukan mainan. Ada sentra art misalnya. Berisi cat, krayon, dan benda yang berhubungan dengan itu. Saya gak hafal jenis2 sentra, tapi kurang lebih seperti itu. Montessori memang sistem pendidikannya berpusat kepada anak dan membebaskan mereka mau mempelajari hal apa.. tapi semua tetap dibimbing kok, gak semata2 dilepas begitu saja..

Lalu montessori memang membiasakan anak bermain di atas alas bukan agar mainannya tidak rusak. Tetapi agar anak tau batasnya. Areanya hanya sebatas karpet kecil ini, misalnya.. jadi mereka gak mengacak2 seluruh ruangan asal2an. Semua yang dilakukan ada tujuannya. Makanya banyak praktisi pendidikan bilang, suatu sekolah tidak cocok untuk semua anak. Karena sistem pendidikan di sekolah berbeda2..

Oh well.. ini beberapa foto yang kucaptured kemarin yaa..

Ruang kelas Nursery
Ruang kelas Nursery
Tempat bermain Nursery
Tempat bermain Nursery
Ruang kelas Kindergarten
Ruang kelas Kindergarten
Tempat bermain Kindergarten
Tempat bermain Kindergarten
Hall
Hall
Materi pelajaran tiap hari
Materi pelajaran tiap hari
Jadwal snack
Jadwal snack
Jadwal harian
Jadwal harian
Fee structure
Fee structure

Oiya, rata2 sekolah di kelapa gading mengajarkan bahasa Mandarin juga.. di Popay ini sekitar 10 menit setiap pagi juga belajar mandarin yang dasar2 gitu hihi.. kebayang deh lucunya :,)

Popay Montessori

Gading Mediterania Residences Tower B, Unit CB, Ground floor no. 11

Kelapa Gading- Jakarta Utara INDONESIA

(+62) 21 3004 1011(+62) 21 3004 1443

Email :global.anak.mandiri@gmail.com

Posted in sekolah

High Scope Indonesia – Kuningan

Duluuu banget tiap lewat HighScope Indonesia (HSI) yang di tb.simatupang selalu kepikiran
“ih gedungnya bagus yaaa.. pengen deh nyekolahin anak di situ”

Ketika hamil dan mulai baca2 tentang sekolah, HSI terlupakan. Karena aku tertarik dengan kurikulum IB atau Montessori.

Sudah mendekati waktunya Anelka bisa sekolah, tiba2 tertarik lagi sama HSI. Dan kemarin aku menyempatkan diri untuk datang ke HSI kuningan, di Apt Aston Rasuna haha duh ibuk2 πŸ˜€

Kesan pertamaku (tanpa masuk dan lihat2 ke dalam ruangan) bagus, profesional, they are serious, know what they’re doin. Gak tau yaa, kesan yang kudapat langsung begitu hehe

Lokasi di apartemen, jangan bayangin kelasnya di kamar2 yaah :p ini masih di lantai paling bawah.. jadi dia punya tempat sendiri.. Fasilitas outdoornya juga punya mereka sendiri. Gak gabung sama apartemen. Ada lapangan bola rumput, playground yang bawahnya pasir, kolam renang. Jarang2 sekolah yang lokasinya di apartemen punya fasilitas sendiri begini hihi

Lalu HSI ini ada banyak cabangnya. dan semua saling terhubung, gak sendiri2.. jadi kalau kita enroll di kuningan, lalu mau pindah ke simatupang bisa.

Sekolah di HSI mulai dari 1,5tahun. Seperti montessori, 1 kelas itu range usianya beragam. Untuk toddler 18-30Bulan. Kurikulumnya memakai kurikulum HS Amerika. Jadi mereka punya kurikulum sendiri.

Tapiii, kelasnya itu setiap hari. Senin-Jumat selama 3 jam. Kalau tinggalnya di apartemen situ sih ya enak2 aja. Mainnya tinggal pindah. Dari kamar ke ruang kelas πŸ˜€ Kenapa setiap hari? Karena mereka mau membentuk habit tertentu. Dan kurang efisien kalau hanya 2 atau 3 kali seminggu menurut mereka.

Staff Jakarta Montessori School waktu itu juga bilang yang sama. Kalau sekolahnya on and off akan kurang maksimal. Jadi mereka menyediakan pilihan mau 5 kali seminggu atau 3 kali? Kalau 3 kali juga harinya berurutan. Misal Senin-Rabu. Tapi kalau HSI hanya menyediakan 1 pilihan 😦
Tapi mereka gak memaksa anak. Semua terpusat ke anak. Kalau anaknya capek atau ngantuk boleh tidur.. di pojok kelas ada bantal2 besar dekat rak buku.. kalau anaknya ketiduran juga tidak akan dibangunkan πŸ™‚

Untuk lebih jelas, apa yang dikasih ke aku kemarin, aku post di bawah yaaah..

image

image

image

 

SHI Kuningan
Preschool Program

ASTON Pavillion, Taman Rasuna Apartment
Jl. HR Rasuna SaidΒ Jakarta 12960
(021) 9390 2528 (021) 9390 2529
highscopekuningan@yahoo.com

Posted in Uncategorized

He’s getting bigger

Pagi ini menyadari bahwa Anelka sudah semakin besar :’)
Bangun pagi, turun tempat tidur, ambil posisi enak untuk ngeden.
“Mas pup yaa?”
Ketika sudah selesai, dia menghampiri kami di sisi ranjang sebelah
“Oh sudah ya pupnya.. mau ganti pampers?”
“He eh.. minya minyagoo”
Aku dan mas Anvid memejamkan mata lagi sambil berpelukan. Nggak lama Anelka teriak membangunkan kami sambil bawa pampers… aaakkk langsung deh aku bangun dan cuci2 di kamar mandi..
Setelah selesai, kami bertanya..
“Mas mau sarapan apa?
Mas Anvid menambahkan
“Roti atau bubur?”
“Woti” or something.. agak gak jelas, tapi merujuk ke ‘roti’.
Aaakk my baby is growing up up up..
Oke sayang, ibu minta mbak beli roti yaaa.. dan, selamat 15 bulaaaaan πŸ™‚

image