Uncategorized

Perlengkapan bayi yang NGGAK PERLU DIBELI (versiku)

Habis ke IMBEX, liat2 jastip2 IMBEX di instagram jadi kepikiran bikin list ini. Karena aku merasa nggak semua barang bayi perlu dibeli.. Apalagi kalo anak pertama kan rasanya pengen borong semua yaa hehehe..

Tapi ini subjektif aja sih. Gak mesti sama dan nggak bermaksud mendeskreditkan merk tertentu. Cuma buat aku ada beberapa barang yang sebenernya nggak perlu.. Tapi bisa jadi orang lain perlu.. Jadi disesuaikan masing2 aja sesuai keinginan masing2 ✌🏼

BOX BAYI

Orang baru punya bayi kebanyakan pengen punya ini. Mungkin dibayangannya kayak di iklan2 ya, bayi bobok anteng di box. Kenyataannya, banyaaak deh aku jenguk orang ini box cuma buat numpuk barang2 campur aduk.

Untuk sebagian orang ya berguna sih.. Aku juga beli waktu hamil Anelka. Tapi ternyata, direct breastfeeding lebih enak bobo seranjang. Tinggal buka, nyusuin sambil merem. Nggak mesti jalan ngambil/taro di box. Seringnya ditaro eh trus anaknya bangun, ulang lagi dari awal. Cape…

Aku dulu beli yang model begini..

Berharap kalo udah gedean anaknya bisa main di bagian bawah while aku ngapa2in di sekitarnya. Kenyataannya ya anaknya gak mau juga sih..

PLAYMATE LIPET/PAGAR

Btw ini kan tujuannya untuk membatasi ruang gerak anak yaa.. Biar anaknya lebih gampang diawasi, lebih aman, nggak kemana2.. Nah lagi2 hal2 terbatas begini nggak berlaku di anak2ku.. Gak tau kenapa ya pada gak suka dikasih space kecil. Sukanya ngegeratak 🤣

Dicobain begian teriak2 minta keluar. Alhasil sejak Anelka bayi, aku berusaha rumahnya aja dibikin aman buat mereka keliaran. Misal gak ada guci/benda takut pecah lainnya..

Kabel, meja2 tajem, colokan listrik dll sebisa mungkin diatur biar gak ganggu anak2 kalo lagi explor keliling rumah..

Jadi benda 2 di atas itu, nggak perlu dibeli buat aku.. Aku lebih milih ngamanin rumahnya dibanding ngebatasin anaknya.

Tapi kalo playmate begini aku punya..

Bisa buat alas duduk, alas main, tidur siang, belajar tengkurep/tummy time dll..

BOUNCER

Setiap lahiran adaa aja yang kasih kado ini tapi menurutku pake ginian jangan lama2 sih kasian anaknya. Mesti dieem aja di satu posisi di situ doang. Aku kalo bisa milih, nggak beli ginian. Lebih prefer anak ditengkurepin/ tiduran di kasur/playmate sambil liat kakaknya main atau sambil main sama aku.. Posisi dia bisa berubah2, kepala bisa ngangkat2, muter2..

Umur semingguan tuh anak udah bisa muter sih.. Ada fotonya Anelka umur 2 minggu juga tidurnya muter2.. Jadi let it free kalau prinsip aku..

SELIMUT

Sekarang lagi hits banget sih ya selimut macem2.. Kalo aku dari pada bedong/selimut, aku pilih anak pake kantong tidur.. Lagi2 alasan kebebasan haha.. Aku merasa lebih bebas tidur dia..

Ini kantong tidur merk IKEA. Angkasa punya mirip begini. Ameesha dulu beli cotton on model sama.. Anelka beli di babyshop lupa merknya intinya kaki dan tubuh hangat tapi bebas bergerak dan gak khawatir muka ketutupan yang bisa menghambat nafasnya..

Karena bayi umur 3 hari tidurnya begini.. Nggak tega aja aku kalau mesti bedong2 maksa kakinya di posisi yang kita mau. Plus kalo pake selimut juga gak tenang ninggalinnya malah.. Atau kadang ditendang. Ntah kapan pakenya jadi aku gak beli..

Tapi aku punya muslin Aden Anais ini.. Kadang jadi selimut kadang buat membalut kayak bedong kendor kalau pas butuh. Kain2 tipis sih ini.. Dulu mah mahal bener yaa.. Sekarang buanyak banget versi yang terjangkau 👌🏼

Entah ya, buat aku ini cukup. Lagi2 masalah selera. Terbukti anak tiga nggak pake selimut2an ya alhamdulillah baik2 aja..

BANTAL

Duh dulu tuh ya jaman Anelka beli bahan segala latex, banyak peyang gak ngerti fungsinya apa. Kenyataannya? Gak dipake sama sekali 🤣

Dipikir2 ya nggak perlu juga sih pake bantal. Kepala anak2 juga bulet2 semua. Utuh bagus gak peyang sama sekali.. Malah beberapa bantal kan tebel2 ya.. gak enak buat tulang anak bayi..

Tapi kubeli ini… Sejak jaman Anelka ke Ameesha trus dipake Angkasa. Superrrr tipis gak kayak pake bantal.. Biar rapih dan cakep aja kalo difoto. Kenyataannya kalo dipake tidur pasti keluar dari area bantal.

Plus anak2 pas bayi kalo tidur seringnya begini. Tengkurep di dada jadi gak perlu bantal..

STERILIZER

Mau yang buat botol, piring/perabot makan, atau yang canggih2 pake UV kayak jaman sekarang aku gak pake tapi plis jangan musuhin ya…

Waktu hamil Anelka sih pernah minta kado sterilizer botol tapi kenyataannya gak kepake.

Dokter Tiwi pernah bilang di seminarnya bahwa kuman paling baik adalah kuman yang ada di rumah. Tapi bukan karena alasan itu juga sih aku gak pake. Aku gak merasa perlu aja.

Apalagi yang sampe harga juta2an lagi hits sekarang yah.. Rasanya anak2 baik2 aja nggak disteril begitu barang2nya hehe..

Lagi pula terlalu steril juga malah gak baik gak sih? Nanti kena kuman dikit kalah?

——————————————————————-

Itu aja sih menurut aku barang2 yang sebenernya nggak perlu2 amat dibeli…

Aku malah seneng punya ini..

Beli dari jaman Anelka bayi dan kepake banget sampe sekarang terus2an! Umurnya hampir 7tahun berarti..

Angkasa setiap hari naik turun di sini dan udah bisa naik turun sendiri di umur 10bulan ini..

Terus ini…

Aku dibeliin pas Anelka lahir, kusimpen dan pake lagi pas Ameesha, sayangnya udah dihibahin ke sepupunya mas Anvid sebelum ada Angkasa karena gak berencana punya anak lagi. Dan aku mandiin Angkasa di bak mandi biasa dan buatku aku lebih suka ini!!

Enak aja sambil berdiri, gak repot, gak basah. Buat ibu habis melahirkan kan gak enak ya duduk/jongkok di bawah. Kecuali yang pake suster/ai2 gak usah dibaca ya haha..

Tapi aku ngerasain banget bedanya. Meski cuma dipake sekitar 5bulan max kayaknya tapi kusuka. Dan bisa disimpen juga kan untuk anak selanjutnya. Gara2 gak punya ini lagi, Angkasa tuh ya jarang banget mandi bayinya. Akhirnya si mbak yang mandiin karena kasian 🤣

Aku juga punya ini..

Orang2 bilang kan sebentar lah kepakenya food processor.. Tapi aku pake lama tuuh.. Buat bikin smoothies atau jus2 yang pake es soalnya enak.. Beda sama blender biasa. Kecuali blendernya yang udah canggih sih. Aku kepake karena blenderku butut! Haha

See, semua emang disesuaikan sama kebutuhan masing2 aja.. Jadi dipikir2 dulu aja kalo mau beli.. Pengen apa butuh? Hehe 😉 😉😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s