Uncategorized

Puasa umur berapa ya?

Suatu hari temen satu grup di birth club-nya Ameesha (3thn) tanya, “ada yang udah ngajarin anaknya puasa, belum?”

“Waah kalau aku sih masih lama banget”, jawabku.

Setiap orang tua punya cara masing2 ya untuk ngajarin anaknya beribadah. Kalau aku milih untuk nggak terburu2. Aku pengennya anak2 paling nggak sedikit ngerti konsep ke-Tuhan-an yang sangat abstrak buat mereka, menumbuhkan cinta sama agamanya dulu, baru ngelakuin kewajibannya.

Ini nggak ada ukuran mutlak, salah atau benar kan. Ada yang ngajarin anaknya hijaiyah sejak umur 2thn, ngajak solat sejak umur setahun, dsb ya nggak apa2 banget.

Puasa tuh menurut aku lebih berat dari pada solat. Ada yang harus ditahan. Lapernya, marahnya, hausnya.. Aku nggak kepengen anak2 ngerasa ‘tersiksa’ tapi mereka nggak paham tujuannya. Sehingga aku nggak pernah maksa. Cuma mengenalkan. Apa sih arti puasa, kapan waktunya dll..

Tahun lalu aku tanya Anelka (5thn) “mas, kamu mau ikutan puasa nggak?”

Dijawab

“Nggak, ah. Aku kan masih kecil. Masih perlu makan banyak. Kalo aku kelaperan gimana?”

Chill, little man..

Tahun ini, nggak ditanya karena puasa masih beberapa hari lagi (waktu itu).. Tau2 pulang sekolah dia bilang sendiri.. “ibu aku mau ikut puasa.. pertama mungkin aku bisa buka jam 10 dulu terus jam 11 terus jam 12, jam 2, jam 4, sampai maghrib deh…” rupanya terinspirasi dari guru religionnya dia..

Baiklah dicoba..

Eh beneran kuat ternyata dia.. Hari pertama buka puasa jam 1 kalau nggak salah. Karena jam 4 dia ada les renang. Biar dia bisa makan, tidur siang, bangun2 siap les..

Komentarnya ketika buka, “oh jadi gini yaa rasanya orang yang tinggal di jalanan yang nggak bisa makan itu.. laper banget dong yaa mereka” 🤗

Hari2 selanjutnya, buka di atas jam 1.. Sampai maghrib juga pernah di hari ke-4. Meski anaknya udah tiduraan aja lemes banget. Tapi dia tahan2.. Sampai aku mikir “ini anak dapet pelajarannya nggak ya? Kok kayaknya tersisksa banget yaa sampe lemes gitu.. kayaknya jangan sampe begini deh. Namanya belajar should be fun kan..” (ngomong sama diri sendiri haha)

Oke akhirnya memutuskan begini;

👩🏻: mas, kayaknya kamu nggak usah puasa sampai maghrib dulu deh.. kamu keliatan lemes banget. Ibu nggak tega liatnya. Pelan2 aja. Kapan2 kalau kamu udah lebih kuat..

👦🏻: yaudah besok nggak usah buka sampe maghrib. Tapi aku mau coba lagi nanti 4hari lagi kalo perut aku udah terbiasa. Kan baru coba pertama kali emang biasanya lebih berat.

😭😭 kok dia baik amat. Tapi dengan pertimbangan abis nimbang yang turun 600gr sejak puasa baru berapa hari, akhirnya diputuskan jangan sampai maghrib dulu puasanya..

Yang aku kagum kayaknya dia ngerti kalau puasa emang kewajiban dia sebagai umat muslim. Jadi nggak pernah seharipun bolong puasanya. Meski dia nggak sahur (pernah 1x kami kesiangan bangun) dia tetap insist mau puasa. “Kan Tuhan udah baik banget sama kita masa kita disuruh puasa nggak mau”

Aku juga nggak ngajarin puasa sambung. Padahal dulu aku kecil begitu. Buka jam 12, makan sampai jam 1, kemudian puasa lagi sampai maghrib.. Aku ngajarin sesuai konsep waktu berpuasa aja. Dari matahari terbit sampai terbenam. Kalau gak kuat sampai terbenam ya sekuatnya aja buka, tapi nggak puasa lagi.. Rata2 Anelka buka jam 2 atau jam 3 tergantung kegiatan hari itu..

Aku sama mas Anvid nggak kasih dia reward apa2 loh. Nggak dijanjiin dikasih apa2, nggak dikasih uang atau hadiah. Emang dia paham kalau dia puasa ‘celengan sebelah kanan dia (pahala)’ akan nambah. Dan beribadah di bulan ramadhan begini pahalanya bisa berkali2 lipat. Paling aku kasih rewardnya berupa makanan berbuka. Misal waktu dia coba puasa sampai maghrib aku semangatinnya ayooo mau buka pake apa, ibu beliin.. Semuanya boleeeh deehh.. (deg2an).. eh milihnya cuma oreo mini 🤣 hamdallah.. langsung deh ibunya ke total buat beli..

Kalau aku browsing2 baca2 mencari tujuan puasa, jawabannya katanya untuk meraih ketaqwaan. Ahh semoga Anelka dapet tujuan dan maknanya dia berpuasa. Amiin..

Terima kasih ya, anak baiiikkk ❤️

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s