Jalan jalan, Pulau seribu, traveling

Liburan bersama anak ke Pulau Putri

Lokasi Pulau Putri dilihat jarak dari Jakarta. Kalau baca review di google yang bilang lokasinya gak tepat, sebenarnya tidak begitu. Jadi kalau lihat ada 3 bendera di gambar atas itu, Pulau Putri itu yang 2 bawah. Sebelah kiri adalah Pulau Putri Barat yang berupa pulau kosong. Rencananya akan dibangun semacam kondominium di sana untuk pengunjung yang memiliki kapal pribadi dengan biaya sewa fantastis. Tapi mereka masih mengurus izinnya yang agak susah keluar ketika zaman Ahok ✌🏼

Yang sebelah kanan terlihat seperti lautan padahal itu sebenarnya letak Pulau Putri resort yang sudah berjalan ini. Kurang tahu mengapa di google maps tidak tampak daratan. Sama seperti gambar bendera atas, itu adalah Pulau Sepa. Tidak tampak juga daratannya.

Langsung aja ya, ini speed boat punya pulau Putri. Kalau ramai (biasanya weekend atau kalau ada rombongan) kita bisa naik ini langsung direct ke Pulau Putri dengan durasi 90menit perjalanan dari Marina Ancol pier 9. Benar2 90menit aku liat jam. Ini jumlah kursi ada 75seats, life jacket lebih dari jumlah kursi aku udah cek. Jadi harusnya aman kalau di jalan kenapa2. Dan tenang, ada toiletnya kok.

Kalau lagi sepi gimana? Naik kapal tumpangan seperti Pramuka Express ini contohnya dari Marina Ancol pier 17. Dia berhenti2 dulu dari pulau ke pulau. Dan karena Putri jaraknya lumayan jauh, jadi dia nyaris terakhir. Berangkat jam 8, sampainya kemarin aku lihat ada yang datang ke Putri sekitar jam 10:26 naik boat ini. Lucky us, Senin kemarin ternyata ada rombongan PT dari Depok yang berangkat ke Putri. Jadi kami sekeluarga bisa terangkut sekalian naik boat yang direct punya Putri.

Kalau nggak ambil paket, naik boat ke Putri dari Marina sekitar 220rb oneway/orang. Teluk Jakarta yang banyak sampah bikin boat kami kemarin berhenti sebanyak 4x waktu keberangkatan untuk melepaskan sampah yang nyangkut di alat penyaring.

Situasi front office ketika datang. Ada welcome drink dan sambutan penari ketika kami turun dari kapal tapi gak kefoto. Foto barang bawaan kami untuk berempat. Sebelah kanan, koper baju. Sebelah kiri pelampung, snorkel Anelka, mainan pasir, dan persediaan susu. Tas gemblok itu selalu dibawa untuk baju ganti, tissue basah/kering, plastik pipis dll.

Biasanya kalau musim liburan baru bisa check in jam 2. Tapi karena ini weekdays dan bukan musim liburan jadi jam 9:30 sampai sana kamar kami juga sudah siap.

This slideshow requires JavaScript.

Kami dapat kamar no.23 yang tipe Fish. Ini termasuk yang paling baru direnov. Jadi lumayan bersih dan bagus sih.. Plusnya lagi, kebetulan penjaga kamar di sini orangnya beda2. Kamar 19-24 dipegang sama orang yang lumayan rajin. Dia bikin 2 ayunan di antara nomor kamar itu. Satunya depan kamarku persis 😍 Jadi sepulau ya cuma ada 2 ini aja.. Happy lah anak2..

Di depan masing2 kamar ada pancuran, kelihatan nggak di foto sebelah kiri? Terus ada batu pijakannya. Jadi sampai kamar gak kotor berpasir lagi kakinya. 70 kamar begini semua kalau kulihat.

Makan siang ketika datang, menunya seperti di atas. Ada nasi, mi goreng, sayur oseng kacang panjang, daging pedas, ayam panggang, ikan gurame bumbu tauco.

Sisanya makan malam, sarapan keesokan harinya dan makan siang sebelum pulang. Di tiap menu makanan selalu ada makanan nggak pedasnya. Jadi anak2 aman. Ini penting buat aku. Bahkan di menu makan terakhir ada ayam goreng tepung kentucky siapa yang gak nambah coba anak2 πŸ˜‚ Kurangnya cuma 2. Kerupuk dan air dingin.. Jadi aku selalu beli air mineral tiap makan. Gak mahal, 5rb untuk 600ml.. Mau pesan ala carte juga bisa dan harganya juga wajar kok bukan harga hotel.

Fasilitas Pulau Putri

1. Mini waterboom

Sebenarnya ini sih perosotan yang menuju ke laut. Tapi karena tinggi dan muter2 kayak di waterboom jadi namanya itu mungkin ya hehe.. Kawasan ini aman untuk anak2 meski di laut. Karena mereka kasih pembatas yang kuat yanh warna coklat sebelah kanan foto. Jadi anak2 nggak terbawa arus/ombak.

2. Sea tunnel

Aquarium buatan bawah laut. Nggak besar, lurus gini aja bentuknya kayak difoto. Karang2, ikan, dan anemon yang ada di situ buatan semua. Diambil dari tengah lautan dengan ijin resmi dan dipindahkan ke sana. Kegiatan begini sebenarnya ikut menyumbang kerusakan karang2 di lautan yaa.. Kayak yang dilakukan aquarium2 seluruh dunia. Tapi aku gak ngerti soal ini 😜

3. Sunset Cruise

This slideshow requires JavaScript.

Aduh ini favorit akuuu.. Been always my forever obsession to watch the sun disappears below the horizon 😍 Sayang kemarin agak berawan. Jadi menghilangnya di balik awan nyariiss di horizon. Aku captured lokasi kapal berhenti ketika menyaksikan detik menyenangkan itu.

img_5568

4. Glass Bottom Boat

This slideshow requires JavaScript.

Beneran beda sama yang kukira. Ternyata bukan bottomnya yang glass tapi kanan kirinya haha.. Kapalnya kelihatan biasa aja dari luar tapi ternyata masuk ke bawah ada ruangan tempat duduknya. Aku belum pernah naik yang begini.

Langsung kebayang kalau ke bawah begini apa nggak kena karang yaa seperti kapal pesiar punya Inggris yang merusak terumbu karang di Raja Ampat πŸ™ˆ Naik sambil dag dig dug. Di dinding karang2 dekaatt sekali..

Apa gak nabrak ini ya? Mas Anvid bilang, mungkin yang kemudiin udah tau titik2 koordinatnya yang gak kena karang dimana. Baru aja ngomong gitu “krak krak kraaaakkk” beneran aja dong kena karang yang bagus 😭😭😭 Sayang nggak kefoto tapi liat dengan mata sendiri karang patah, kedorong bahkan ada yang tumbang πŸ™ˆ Anelka panik dengan belasan pertanyaan seperti biasa. Ibunya shocked dan deg2an tapi ya sok cool aja sih.. Just what we thought earlier. Ngeri juga yaaa gak tau seberapa sering karang2 kena tubrukan begini..

Sampai beberapa hari di rumah pun, Ameesha kalau lihat foto ini selalu bilang “ini karangnya jatoh kena kapal”. Aku pun jadi browsing2 penyebab karang mati, cara melestarikan karang, menanam karang dll untuk banyak menjelaskan ke mereka hal2 yang berkaitan dengan ini πŸ˜‚

5. Snorkeling Area

Ini di luar ekspektasi. Gak tau kalau ada area ini sebenernya. Berencana mau sewa boat aja buat hoping island main pasir dan berenang cetek2 tapi yang anak2 bisa pegang ikan. Ternyata Pulau Putri punya areanya.

Ini daftar harga untuk sewa peralatannya dari Dive Shop yang ada di sana. Ini harga sewa perhari. Masnya bonus kasih roti seplastik buat kasih makan ikan. Biar ikannya deket2..

Dari yang pernah kubaca, memberi makan ikan ketika snorkeling atau diving di laut sebenarnya tidak dianjurkan. Kegiatan itu akan menganggu biota laut karena ikan yang biasa makan dari terumbu karang atau mahluk2 lain yang ada di laut jadi beralih makan ke makanan yang kita bawa. Sehingga tidak tercipta simbiosis mutualisme yang seharusnya.

Tapi di Putri ini ikan2nya seperti dipelihara. Di area sekitar dermaga sepertinya memang selalu berharap dikasih roti so i thought that was okay.

This slideshow requires JavaScript.

That was so fun. I also proud Anelka could did that well. Meski berakhir nangis karena ikannya gigit tangan dia yang masih pegang roti πŸ˜‚

Apakah Pulau Putri memiliki pantai landai untuk bermain pasir?

Jawabannya iya. Tapi hanya sedikiittt areanya. Di depan cottage nomor 52.

Maksudnya pasir yang bisa kena terpaan2 ombak yaa.. Tapi pantai dangkalnya ternyata banyak karang dan rumput lautnya.. Jadi anak2 gak mau berdiri nyelem2 katanya sakit πŸ˜… Jadi main di tepiannya aja deh..

Overall, we’re beyond happy for having this experience. Dan ternyata buat kami sekeluarga 2 hari 1 malam nggak cukup. Merasa kurang dan pengen lagiii.. Dulu sebelum menikah, pergi sama mas Anvid ke Pulau Seribu 2 hari rasanya sudah cukup. Ternyata beda ketika bersama anak2.. Pengennya bersenang2 lebih lama.

Sampai jumpa lagi, Pulau Seribu.

Semoga kami diberi kesempatan untuk berkunjung ke sana lagiii ❀️

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

3 thoughts on “Liburan bersama anak ke Pulau Putri”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s