Posted in Uncategorized

Angan dan cita Anelka

   
About a dream. It’s always about a dream and how to make it became reality.

Teman2 dekat, teman path dan instagramku pasti tau lah ya kalo Anelka ini pengen banget ke Amerika liat patung Liberty. Berawal dari mas Anvid kasih liat foto2nya waktu ke New York. Entah kenapa kok Anelka tertarik banget sama Liberty.

Lalu kemudian aku nemu buku simple untuk belajar membaca yang isinya sejarah tentang Liberty. Sejak itu semakin berbunga2lah dia.

   

   

 
Udah ngerti tentang sejarahnya, lalu kami melihat di globe. Ooh jadi Perancis tuh di sini, Amerika di sini.. Jadi mereka nyebrang naik kapal ini nih yaaa.. Lewat sini ke Amerikanya

globe beli di elc

Kelihatan kan yah, dari Perancis ke Liberty island.

Lama terlupakan, tapi sesekali kami memang masih sering ngobrol tentang Amerika dan negara2 lain juga sih sebenernya. Setiap mas Anvid ke luar negri pasti mereka ngobrol dan liat di globe atau googlemaps. Tujuan awalnya sihh sesimple biar anaknya ada gambaran ayahnya terbang ke mana lewat mana.

Bisa aja sih sekedar pamit misal;

“ayah pergi dulu yaa, jauuhh” atau “ayah ke India dulu yah” tapi I believe setiap keluarga punya caranya masing2 untuk berkomunikasi. Punya valuenya sendiri2 untuk diterapkan. Dan menurutku dengan menjawab menggunakan kalimat pamitan yang pertama itu seperti kalimat dengan akhiran titik yang menutup obrolan.

Kami terbiasa ngobrol dengan bahasa visual. Menjelaskan sesuatu selengkap2nya kalau perlu buka google atau youtube. That’s how we communicate. Gak bisa sebentar. Aku menganut aliran bahwa parenting tidak bisa terburu2. Maka dari itu sebisa mungkin kami meluangkan waktu.

Biasanya Anelka akan tanya di negara itu ada apa aja sih? Di kota itu kita bisa ngapain aja? Gak hanya di luar negri kok. Misal mbak pulang kampung ya dia tanya yang sama, di Lampung itu ada apa aja? Ada mall juga gak kayak di sini? Mbak tidurnya di mana?

Sekarang obrolan jadi tambah seru setelah beli buku Maps yang titip sama Tante Rima πŸ˜ thanks, tante..

  

   
 
Ini bagus banget menurutku. Membantu anak visual macem Anelka bisa get a picture ada apa aja di sebuah negara. Makanannya apa aja, binatanganya, landsacpenya.. Bahkan orang2 terkenal macam penemu atau tokoh terkenal juga ada.. Sayang cuma sedikit negara yang dibahas. Indonesia aja gak ada hikss.. They should’ve made vol 2 😁

Balik ke Amerika

Diturutin gak keinginan Anelka?

Ini bukan mengenai anak merengek minta sesuatu lalu dikabulkan. Anelka gak minta. He even can get a picture of him lives there.

Dikasih uang sama eyangnya aja dia bilangnya “ibu, ini aku mau ditabung aja deh. Dikumpul2in sampe banyak buat ke Amerika” :’) diskusi di sekolah sama teman2 dan gurunyapun dia ceritanya tentang patung Liberty dan keinginan dia untuk kesana, lebih spesifik lagi pakai sweater barunya yang bewarna hijau karena di Amerika ada musim dingin.

Atau pertanyaan macam “ayah nanti kita kalo ke Amerika naik pesawat apa sih?” “Ibu, nanti kalau mas tinggal di Amerika, ibu sama ayah tinggal di mana?” Duh mas, sayang sekali ibu sama kamu..

A dream is a wish your heart makes!

Aku melihat keinginan Anelka ini sebagai bentuk pembelajaran hidup. Lebih dari sekedar anak minta diajak ke toko mainan. Tapi aku melihat sebuah proses bahwa anak seumur dia punya keinginan sebegitu kuatnya, sebegitu hidupnya, mata berbinar2, bicara berapi2, angan dan hayal terus berkembang menembus batas..

Silahkan, nak..

Nyalakan terus api semangat itu ya, nak. Hidupkan terus mimpimu.. Mimpi itu salah satu hal yang membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Kita harus punya mimpi, punya citacita, punya angan dan tujuan.

Teruskan ya, sayangku..

“Ibu, mas nanti mau beli Ferrari ya. Kalo Ferrari kan kenceng banget, di sini macet kan.. Kalau di Amerika gak macet?” πŸ™‚

Lanjutkan…

Ibu tau alam bawah sadarmu akan bekerja memenuhi impianmu satu persatu.

Ibu rasa semesta juga akan mendukungmu untuk mewujudkan anganmu.

Yang ibu tahu, Tuhan akan memeluk dan mengabulkan mimpi mimpi kita.

Dan yang pasti, ibu dan ayah akan terus mengiringi setiap langkahmu dengan doa yang tidak akan pernah putus, nak..

Bismillahirrohmannirrohiim ❀️❀️❀️

  

Advertisements

2 thoughts on “Angan dan cita Anelka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s