Posted in 1 tahun

First Timer!

Waktu itu tanya ke drEndah, kira2 kapan sih sebaiknya Anelka ke dokter gigi?
Lalu beliau bilang, ke dokter gigi pertama kali sebaiknya paling telat umur 2 tahun..

Sebenernya sih yaa balik lagi ke orangtuanya yaaa.. Soalnya kunjungan pertama ini kan sebenarnya ‘hanya’ melihat gimana yaa si gigi ini tumbuh.. Gimana yaa perawatan yang benar.. Gimana yaaaa.. Gimanaaaa? Hehe..

Lalu sebagai ibu2 ribet, saya cari2 deh rekomendasi drg anak. Akhirnya pilihan saya ke drgSuzanty di RSPI. Kaget juga, ternyata daftar tunggnya panjaaaaang.. Dan dengar2 memang banyak dokter gigi anak yang punya daftar tunggu berbulan2.. Bahkan ada yang available nanti, Maret 2014! Haha

Pertama ketemu, aku ngobrol sedikit sama dokternya.. Anelka langsung jalan ke rak boneka di sudut ruangan dan langsung ambil boneka Mikimossss!
“boleeeeeh?”
“boleh, maaass”

Kata dokter, kenapa ke dokter gigi anak penting sejak dini? Karena banyak sekali perawatan salah yang menyebabkan gigi cepat rusak. Dari makanan dan cara menyikat gigi..

Makanan manis, susu botol, asi, semua itu bikin gigi cepat rusak kalau tidak rajin dibersihkan.
Sikat gigi bukan pada waktu mandi, ya ibu2 hihi… Minimal itu sehabis sarapan pagi dan sebelum mau tidur.. Lebih baik lagi kalau setiap habis makan berat hehe..
Kalau malam, habis nyusu kan biasanya anak tidur yaah.. Langsung dibersihkan saja giginya.. Pakai kasa boleh, pakai tisu khusus gigi di mothercare juga bisa..

Jadi pengrusakan gigi itu urutannya: pertama sisa2 makanan yang menumpuk, lalu menjadi noda putih yang sudah larut bersama email gigi, menjadi coklat, lalu perlahan mengikis samping2 gigi.. Gigi jadi rapuh dan tipis.. Lama2 bisa hilang..

Lalu tante dokter periksa giginya Anelka. Anelka dipangku mas Anvid sambil tiduran.. Dari rumah aku udah bilang terus kalau giginya dia nanti mau diperiksa. Tetap aja nangis, karena mulutnya dipaksa buka.. Dia kan gak suka dipaksa hehe.. Tapi ya nangis biasa aja sih, nggak berontak. Tante dokter hanya membersihkan giginya aja sebentar. Setelah selesai, Anelka cuek aja main mikimos lagi πŸ˜€

Saya dikasih resep seperti pasta gitu, untuk dioles di gigi. Katanya sih agar giginya kuat dan nggak bertambah buruk dari yang sekarang. Karena di giginya Anelka udah mulai tumbuh noda2.. My mistake! Akhir2 ini nggak rajin sih bersihinnya..

Lalu dokter juga menyarankan aku beli pasta gigi merk Pigeon yang gampang dicari dan dibeli dimana2.. Pigeon itu sudah free fluoride dan detergent, sehingga aman kalau tertelan.. Anelka belum bisa kumur soalnya..

Begitu, cerita dari dokter gigi..
Menurut aku, cari aja dokter gigi anak dimana aja. Gak perlu yang antri berbulan2.. Toh baru hanya dicek dan konsultasi aja.. Lalu instead of beli pigeon, aku beli pasta gihi merk Baby Ganics di Mothercare karena di tubenya banyak informasi yang lebih meyakinkan haha.. gak usah ditiru yaa.. ini emang aku aja yang ribet kok πŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s