My story

Byebye, Erha!

image

Entah kenapa, i’m not into perawatan kulit wajah. It was wrong, I know. Apalagi sudah usia se-saya gini mestinya memang di rawat yaa wajahnya hehe hehe..

Paling sesekali saya pakai obat dari dokter di sebuah klinik terkenal di radio dalam, atau beli series perawatan yang tersedia di mal saja.

Bertahun2 tau brand Erha, melihat billboard dimana2, nggak membuat saya tertarik pakai sampai bulan lalu. Mendadak sekitar saya kok banyak yang sedang pakai dari Erha. Sepupu, tante, teman dekat. Lokasi gerainya pun dekat sekali dari rumah saya. . Yasudah lah saya mampir..

First impression, kayaknya saya gak sampai 5 menit ada di ruangan dokter hihi.. ya karena gak ada masalah juga sih kulitnya. Jadi dokternya cuma bilang “oke, jadi biar bersih pakai obat ini ini ini, lalu jadwal ketemu saya lagi tanggal sekian” selesai.

Saya tebus 5 jenis. 2 buah krim pagi yg dipakai secara bergantian, 2 buah krim malam yang dicampur di tangan dulu sebelum dipakai, dan sabun pencuci muka. Salah saya, saya nggak sempat tanya apa kandungannya.

Sampai rumah, cuci2 dan pakai krim malam, saya merasa aroma obat tercium kuat sekali.. Tenggorokan saya jadi seperti tercekat. Kering. Haus terus… Saya minum bergelas2 sampai sebelum saya tidur. Saya pernah merasakan hal serupa, tapi lupa produk apa.

Selama seminggu saya pakai produknya, kadang pakai kadang tidak, iseng. Mau tau wajah saya gimana kalau gak pakai lagi.. Ya ternyata jadi kusam kembali. Jadi mesti kontinyu seperti obat2 lain pada umumnya. Di awal2 pemakaian, wajah saya terlihat sedikit memerah. Saya tanya ke sepupu saya, wajar katanya. Okee.

Lalu kemarin, hari Senin.. Saya cuci muka sekalian mau mandi sekitar jam 2 siang karena kami sekeluarga hendak pergi.. Mencuci muka seperti biasa, entah gimama sabunnya masuk terkena mata! Rasanya, astagaaaaaaaaaa…

Mata saya seperti terbakar, tertusuk, luar biasa sakitnya.. Saya kucurkan air terus2an dari shower, karena saya ingat pada sebuah warning caution entah di produk apa “bila terkena mata, bilas pakai air. Bila sakit berlanjut hubungi dokter”.

Saya kurang tahu peringatan itu berlaku untuk semua atau tidak. Mata saya tidak bisa dibuka. Sakit luar biasa sampai saya berteriak. Tentu saja suami saya tidak dengar. Beliau sedang di luar tengah bermain dengan Anelka. Saya nggak tahu kesakitan berapa lama, seingat saya itu menit2 terlama dalam hidup saya 🙂

Saya hentikan kucurannya, saya pejamkan mata, berharap cairan pada mata bisa membersihkan zat apa entah yang membuat mata saya begitu sakit.. Saya buka sedikit, melihat seperti ada butiran kecil warna putih di bawah mata, saya bersihkan. Mungkin itu sisa2 zat kimianya..

Setelah berapa lama, baru saya berhenti, mencoba memfoto mata saya, tapi yang ada di kamar mandi hp yang kurang bagus kualitas kameranya dan saya foto memakai kamera depan. Sehingga merah dan terlukanya mata saya tidak terlihat. Dan sakit sekali juga untuk membuka mata jadi saya gak dapat foto bagus.

Setelah saya rasa sakitnya berkurang, saya memanggil suami saya untuk telfon Erha Cipinang, menanyakan kandungan yang terdapat dalam sabun pencuci muka dengan kode ACS BP, bagaimana bila terkena mata, bagaimana efeknya dll..

Saya berusaha mengistirahatkan mata saya, memejamkan mata sambil mengelus urat mata yang terasa tegang dan keras, bersandar di ranjang, sambil sesekali mengelap air mata yang jatuh terus2an.. Sakit sekali.

Sayup2 saya dengar suami saya agak kesal kenapa Erha Cipinang gak ada yang mengangkat telfonnya lalu browsing2 sendiri.. akhirnya ketemu bahwa BP itu stands for Benzoyl Peroxide.

Saya gak punya jerawat satupun, dan agak kaget juga secara BP itu setahu saya bisa menyebabkan kanker kalau dipakai untuk jangka panjang. Lupa linknya, silahkan digoogle.

Akhirnya suami saya berhasil menghubungi Erha Kemanggisan. Bicara dengan apotekernya. Bapak apoteker bilang bahwa ACS BP itu Acne apa gitu dan kandungannya memang Benzoyl Peroxide. Kalau mata saya merah dan perih, diminta ke rumah sakit mata. “Yaa namanya sabun kan pasti perih kalau kena mata, Pak” ujarnya kepada suami saya.

Hellooooww, saya bertahun2 keramas juga kena mata gak pernah seperih ini rasanya.. Dan dari awal saya nggak diperingati apa2 tuh..

45menit berselang setelah saya kesakitan tadi, saya meminta suami saya memfoto mata saya. Nggak semerah tadi, tapi cukup terlihat bahwa mata saya terluka.

image

image

Setelah menunggu agak lama, sakitnya berangsur2 hilang.. dan kemerahan yang tampak berangsur2 pulih.
Saya memutuskan nggak ke rumah sakit. Semoga ini keputusan yang tidak saya sesali kelak.

Tapi yang jelas, saya memutuskan tidak memakai perawatan wajah dari Erha lagi.. byebye Erha!

116 thoughts on “Byebye, Erha!”

  1. Ya ampun mbak ayuu, aku lagi iseng browsing erha.. eh nemu blog ini.. ada kalimat:
    “Suami sy lagi main sm anelka”, aku lgsg liat profilnya, ternyata ini mbak ayu! Hha..

      1. Acne Cleansing Scrub Beta Plus with salycylic acid and sulphur . bukan Benzoyl Peroxide say hehehehhe

  2. Pake nano spray aj …dijamin aman u mata aj aman..ad bisnisnya juga ,semua masslah kulit bisa teratasi ..minat 2a96dc38/087886064364

  3. Hai sis,,aku sandra mau share yaa,,dulu jg pernah pake erha skincare yg di makassar,jd dulu sekitar tn 2004 mukaku tuh ada flek2 gitu cuman gg parah2 bgt,,cuman pengen bgt punya muka yg kinclong,,aku konsul lah di dokter erha,,hny di kasih resep dan di suruh balik lg sebulan kemudian,aku tuh di kasih obat mnum (tablet kecil putih ada inisial R),sabun cair,toner,krim siang,krim malam,,kira2 setelah pake produknya 3hr,kulit mukaku terkelupas,,seminggu kemudian terkelupas parah bgt,mirip bekas luka bakar,,duh itu kulit mukaku,tiap kena air,sabun,apalagii toner,, aduuh rasanyaa persis luka yg kena air jeruk nipis,,aku kadang mengerang2 di kmr mandi,,,karna gg tahan balik lah aku ke erha,,kebetulan waktu dokter gg ada di makasar ktnya lagi ke jakarta. Jadi aku tuh nanya ke mbak2terapis ato apalah yg kerja di erha makasar,,, eehh,,malah jawaban mereka katanya itu reaksi biasa,,padahal mukaku waktu itu udah hancur lebur persis korban luka bakar….malah kata mbak2nya diterusin aja sampe jadwal konsul dokter bulan depannya…
    Woooalahh,,aku gg kuat nahan perihnya,akhirnya pindah dokter kulit,,,kapokk daah

    1. Mbaaak, yaampuuun periihh banget yaa kayaknyaa itu.. Iya, aku juga mikir itu obat2an kok keraasss bangetttt..

      Mungkin emang banyak orang pengen ke dokter muka untuk dapet hasil instan tapi gak segitunya juga kali yaa.. Kan terbukti juga yang dikasih ke aku gak sesuai sama kebutuhan huhu..

      Semoga dapet dokter yang cocok ya, mbaak 🙂

  4. Kemungkinan cara pakainya mb yg salah.. Sabun kecantikan manapn biasanya jg g blh kena mata.. Setau saya erha produk yg bagus dan trjamin tentunya klo g ya g mkn masih trs ad ampe sekarang.. Klo sabun bp memang dikasih sma stiap pasien yg pertama pake erha.. Krn mencegah adanya alergi kaya jerawat misal aja dr produk apa pindah erha itlah jd pencegahnya,, tp yg jelas lbh hati2 pake appn . Mau sabun sampo atau apa klo hati2 pasti g sampe gt,, just coment

    1. Halloo salam kenal mbaaak..
      Iya mbaak.. Aku juga gak pengen kenain mata kok namanya gak sengaja.
      Selama ini pake dari mana2 gak pernah kenapa2 kalo kena mata kok. Dan aku sempet ke dokter muka atas saran temen di sebuah klinik dan ternyata dokternya praktek di Erha juga. Dia juga kaget kok kenapa aku dikasih BP, padahal itu obat keras. Soalnya mukaku baik2 aja. Tapi yaa aku gak cocok juga sama dokter itu jadi gak lanjut.

      Emang banyak kok orang yang suka ke Erha dan meskipun keras, muka merah atau gimana mau2 aja.. Kalo aku pilih berhenti, mbak.. Sekarang pakai produk yang ada di pasaran aja kayak SKII alhamdulilah gak bermasalah dan puas sama hasilnya 🙂

      1. Hai sis produk SKII bagus gak hasilnya? Kamu pakai yg mana aja? Btw salam kenal ya. Aku lagi googling aja untuk perawatan wajah yg tidak berbahaya eh nemh wordpress ini 🙂

      2. Haaiii salam kenal jugaaa 🙂

        Sebenernya produk apapun cocok2an yaaa.. Ada yang cocok ada yang nggak hihi..
        Kalo SKII pemula harus pakai pitera set (clear lotion, fte, masker di hari ke 28) dulu selama 28hari.. Nanti baru ketauan keluar jerawat atau purging nggak.. Jadi gak bisa langsung gituu..

        Kalau udah oke baru tambah cleansing dan cleansernya.. Tergantung jenis kulit kalau aku kulit kering, pakai yang clensing cream+cleanser (utk semua jenis kulit)..

        Tapi kalau gak kenapa2, gak perlu nunggu 28hari sih untuk nambah cleansingnya.. 14 hari juga bisa..

        Habis itu sebulan kemudian, clear lotionnya bisa diganti tergantung pakai seri apa.. Whitening cellumination atau stemp power tergantung kebutuhan.. Aku karena mukaku kusam jadi pilih pakai seri cellumination.. Jadi clear lotionnya bisa ganti dengan cellumination clear mask in lotion.. Trus bulan berikutnya baruu deh pakai serum cellumination auranya..

        Jadi intinya tiap mau nambah sebaiknya tunggu sebulan dulu.. Liat hasilnya dulu cocok atau nggak..

        Terus aku juga pakai sunblocknya.. Cellumination deep surge atau day surge terserah aja.. Tapii gak pakai tiap harii, kalau kira2 akan terpapar matahari ajaa meskipun cuma buka pagar garasi rumah hihi..

        Tapi yaa balik lagi semua kan pilihan yaaa mau pakai semua rangkaiannya atau nggak hehe
        Maaf replynya kepanjangan, mbaaak.. semoga membantuuuu :))

      3. Mbak mungkin matanya tergores buliran scrubnya facial wash ACS BP makanya sampai luka gitu (?) Soalnya aku juga pernah tapi bukan merk erha, cuma dia sabun cuci mukanya ada scrubnya gitu dan belum diblend sempurna , eh masuk mata dan sakit puol. Sok tau aja tapi ini hehe maafkeun mbak. Hati-hati mbak lain kali misal lagi cuci muka 😀

  5. Salam kenal mba… Bru aja browsing pgn tau gimana erha… Selama 4 thn sy pakai natasha… Tp utk sabun natasha sm sekali ga pedih krn anak sy yg kecil pernah minta di sabun pake sabun natasha…
    Trus ada yg bilang erha bs ngelupas… Sereeem aah dengernya…

    Niatnya pgn ganti erha yaa itu krn pgn coba…tp mgk dg gini sy di anjurkan ttp pakai natasha aja kali ya… Thx mba info nya

    1. Hihi ikutan nimbrung ya..salam kenal sebelumnya..
      Sy jg udh setaun pake natasha selama ini ga masalah smpe sebulan kemaren obat abis skalian konsul eh ternyata obat nya d ganti kata nya sih dalem nya sama aja..baru 2 minggu kulit jd jerawatan kecil2 gt tlp ke natasha suruh berenti 3 hari trus pake anti irutasi udh lewat 3 hari ciba lg pake jerawat lg kecil2 jd galau mw d terusin/ga obat nya eeh skrg malah jd kusam ni muka td nya mw pake erha liat sepupu glowing bget pake erha tp gugling nemu blog ini jd tambah galau harus gmn biar muka glowing mulus..😢😢

      1. dokter kecantikan atau produk kecantikan semua cocok2an. klo ga dpt yg diinginkan lebih baik ganti merk ato ganti dokter lain. kyk kasus aku pake erha kulit lgsg merah2 perih n aku lgsg berhenti pakai n pindah ke SKII n ini aku dah pake selama 1,5thn. pdhl aku ga pernah ada masalah ketika aku pake product erha yg untuk rambut malah bagus hasilnya memuaskan n aku dah pake product erha untuk rambut selama 3thn. sedangkan adik aku malah kebalikan dari kasus aku untuk wajah. adik aku pake erha malah hasilnya bagus lgsg di wajah dia dlm 6bulan.

    2. Saya pake erha sdah 6bulanan,Alhamdulillah cocok. Klu dibilang obatny keras,gk juga. Karena memang gk instan,dan sangat butuh proses. Dokterpun ngasih resep juga bertingkat dosisny,dr yg rendah dulu. Dan kalau dikasih yg rendah dan sdah kliatan hasilny gk mungkin juga dikasih dosis yg pling tinggi.
      Saya juga pke ACSBP,gk perih juga kok. Saya juga pernah ke dokter spesialis kulit lain dikasih sabun muka yg pernah kena mata juga dan perih bgt. Tapi ya saya anggap wajarlah,namany juga mata kemasukan cairan asing selain air bersih.

      Oia,review saya stlah pke erha sgt memuaskan. Awal saya ke erha,jerawat saya paraaaah bgt,besar2+bruntusan+kusam. Rutin pke krim dr erha,alhamdulillah pelan2 ada hasilny. Saya skrpun gk pernah jerawatan yg besar2 lgi,mskipun PMS. Muka jd cerah juga,bekas jerawat masih ada beberapa karena dokterny masib fokus ngilangin jerawat dan sumberny baru fokus ke ngilangin bekas jerawatny.

  6. Hai mba salam kenal. Aku pengen share nih.. ak br pake erha, td nya ak pake tulljye, muka ku mulus putih ga ada jerewi. Cuma pori2 ak lama kelamaan makin besar. Ak pengen liat kulit muka org putih, lembab, trs ada tmn ku nyaranin pak erha. Konsul pertama ak di ksh cream siang AMG3 + af5. Cream mlm AMG3 + cc5. Cuci muka MCc. Awal pertama pake kulit ak mengkilap bgt trs merah. Ak ga pede keluar rmh, jd setiap mau keluar ak sll cuci. Aku sabarin smpe 1 bulan,
    Konsul ke 2, ak di ksh cream siang erha 4 + erha 7. Cream mlm erha 6 + cc10. Cuci muka: erha 1. Hr prtama pake muka ku gelap, kemerahan, hr ke 2 muka ku perih merah berkerak trs gremet2. Smpe skrg udh 8hr muka ku makin berkeriput, mengelupas. Smpe suami ku bilang, ak keliatan tua, keriputan gt. Sumpah mba ak ga pede, secara org biasa liat muka ku putih mulus, tp jd keliatan coklat, merah, kasar, keriput. Skrg ak lg galau mba, antara ak lanjutin atau ak stop aja pake erha nya? Tp ak takut klo ak stop muka ku tambah parah. Ko erha ky gini ya mba, ky cream murahan pake acara pengelupasan segala,

    1. Hai mbak Teny…ternyata pengalaman kita sama thdp erha…sy jg dikasih 1set amg3 tsb, n hasilnya sama, memerah…sy lgs balik lagi ke erha, katanya hentikan pemakaian…lalu dikasih krim2 obat baru, 2 mcm krim pagi + 2 macam krim malam (sy lupa namanya apa)+ sabun peeling (seperti sabun muka dengan butiran2 kasar) + doxy cap (kapsul antibiotik)…ternyata, muka sy bukan membaik, malahan semakin seperti terbakar…perih..3hr tdk membaik, sy hentikan lagi pemakaian…karena sy tdk tahan perihnya, n muka saya sangat memalukan, sy ke dokter RS…katanya obat muka itu terlalu keras…sy hanya dikasih salep alergi…3hr tetap tdk ada perbaikan, sy ke natasha (berharap bisa sembuh) dikasih krim alergi…3hr membaik, barulah dimulai lagi, sy pakai krim pagi + malam natasha, ternyata hasil serupa dengan erha…sy hentikan, lalu balik natasha…ganti semua krimnya dengan krim baru…krim barupun tidak ada hasil, malah muka semakin mengkerut + kusam + terlalu sensitive terhadap matahari…karena sy pikir sabun muka erha masih ada (yg mengandung scrub tadi) sy pakailah lagi…wadduuhhh, kacau berat mbak…lgs kulit wajah sy.pun ikut hilang bersama scrubnya…sengsara sekali sakitnya, ibarat sedang mengalami luka bakar seluruh muka…sy ke RS, dan sempat di tes darah dulu, ternyata kata dokter tersebut, kulit wajah saya ini sudah terlalu tipis, bisa dibilang sudah sampai yg dinamakan rosacea akibat pemakaian krim2 wajah yg terlampau keras tersebut., sehingga kesulitan bagi si kulit untuk tumbuh seperti awal, lalu akan tetap kambuh pada waktu2 tertentu, n kulit menjadi super super sensitive….sy dikasih regenerist serum sama dokter ini, mendingan, tapi tetap bintik2 merah….sampai saat inipun sy masih kesulitan menemukan dokter khusus penanganan rosacea…tapi sementara ini, sy menggunakan missha renew snail cream (setidaknya membantu menumbuhkan kulit) dan untuk membantu menahan perih, sy pakai ciracle K lotion…sy sdh coba soothing gel aloe vera the body shop, cukup membantu pada saat genting saja…sekarang sy lagi mencoba mizon starfish, so far sy suka karena tidak ada masalah….so, mbak, sy saranin stop aja pemakaian krim2 itu jika tambah perih..lbh baik benar kayak mbak ayu ini, dia beralih ke sk II, pengalaman sy produk2 korea cukup membantu kok…:)

      1. Bole ikutan yaa, sy pakai erha udh 2 bulan, bulan pertama sy pake krim malam ANC1 sakit nya minta ampun , merah , berkerak, dan mengelupas, tp kalo kita sabar alhamdulilah 1 minggu setelah merah itu muka jadi lbh mulus dan rapih, memang kalo cerah krim yg sy pakai hanya untuk membersihkan saja, jadi kulit msh seperti biasanya, so far so good si mba
        Memang benar untuk tampil lebih baik itu sakit, namun semua perjuangan akan mendapatkan hasil yang sesuai 🙂

      2. iya benar kata lohan.. kalo kita sabar di terusin sambil di minum obat kapsul buat anti bakterinya saat muka berkerak kemudian nanti dia mengering terus seminggu kemudian muka langsuung bersih sih sih kok yabg berkerak bakal ngelupas pelan2 gitu.. jadi kalau mau perawatan erha kira2 harus atur jadwal pas emang lg long holiday 2-4 minggu , hrus sabar memang.. 😀 dan krim erha ngga ketergantungan lho.. saya 2 tahun pakai dan skh sudah saya lepas biar ngirit kantoong :p

    2. Dtelateni aja mbk..
      Awal aku seperti itu.

      Tpi nnti uda beberapa bln. Kliatan hasilnya kok.
      Efeknya memang seperti itu klo baru pake erha

    3. Saya pakai gracy mba.
      Ol di fb ada..brthun2 aman..gak putih tapi lumayan lahhh jadi lebih kenyal apalagi saya minum jamunya..tapi saya mau nyoba nu skin.. kayanya tertarik..aman siy katanya

    4. saya memiliki masalah jerawat yang di nilai parah, akhirnya sy menggunakan produk erha selama 2 tahun, efek awal penggunaan memang seperti itu mba sekitar 2 bulan muka kering, gatal, perih dan berkeriput, tapi saya tetap melanjutkan cuma kadar penggunaannnya yang saya kurangi, seharusnya 3 bulan obat habis karna saya kurangi kadarnya jadi 4- 5 bulan baru habis, dan alhamdulillah muka saya jd bersih mba, obat habis baru saya kontrol lagi.

  7. aku udh hampir 5 bln pake erha,alhamdulillah ga terkelupas atau perih..aku pake cream af1,amg2,sm cuci muka nya sm kaya mba ayu acsbp,tp gpp kok aman2 aj,tp pas baca tulisan mba ayu jd takut yaa sm acsbp nya,masa si bisa kena kanker,😱cocok2 an jg si apapun merk nya yg penting jelas dan ga instan..

    1. Mba endri.. maaf mau tanya, sebelum ke erha mba pake apa ya? Saya tertarik ke erha, tapi lg baca2 dulu testimoni orang, mksh..

      1. Hy mba vera mohon maaf kalo ingin lake erha memang harus sabar untuk hasil yang memuaskan dan erha itu sudah terjamin kualiatasnya karena sudah terdaftar di bpom. Jadi semua kandungan yang ada didalamnya pastinya lebih aman dan sudah teruji.

  8. Dimana” perawatan Ato dokter iTu bukan tukang sulap makanya Harus Ada beberapa Kali pertemuan supaya tau Jenis kulit pasien

  9. halo mba..salam kenal..saya rere..
    saya juga mau berhenti pakai krim erha mba..udh 2 bulan ini saya seling pake SKII, tp sabun cuci muka acs bp nya masih saya pake..kalo boleh tau mba pake sabun cuci muka apa ya utk mengganti acs bp dari erha? saya pernah berhenti pake sabun itu dan start pake sabun muka Laniege, muncul jerawat lagi :((
    mohon saran nya mba..thank you

    1. Mba saya pakai sabun gracy..ada di fb gracy skin care..bertahun2… belum pernah saya seenak ini aman..mau kena mata sekalipun..klo peeawatan saya juga coba..apalagi jamunya..tapi klo perawaran pengwn coba nu skin deh…kaya nya aman juga.. pernah dengar gak mba?

  10. hai mba salam kenal…
    saya jadi tau penyebab mata saya sering merah dan sakit.
    semenjak saya pake RH 3 thn lebih, ternyata sabunya yg buat mata merah dan terluka persis seperti gambar diatas.tapi saya dah coba hentikan dan ganti pake SK II yang Facial treatment ess. hasilnya kusam banget jadi terpaksa pake lagi produk erha.
    jadi sekarang saya pake facial treatment dulu 5 menit kemudian pake nano spray 10 menit kemudian baru pake rangkain produk erha.soalnya kalo pake SK II kusam.boleh gak yahh saya campur cream dokter dgn SK II??
    mohon saranya makasih..

  11. Duhh.. Sy jg baruu 2 mingguan ini pake erha.. Kulit sy jg sbnrnya ga ad mslh,ga jerawatan.. Cm kusem aja.. Sebelumnya sy pakai produk dr larissa krn sy ad d smg.. Sbnrnya sih cocok2 aja,ga ad mslh apa2 pake larissa cm krn sy krg telaten,jd ngefeknya lamaa bgt.. Akhirny sy coba pake erha,seminggu pertama pipi yg mulus mulai gatel2,sy telp erha d blg gpp itu reaksinya.. Mnggu kedua muka sy kering,merah mengelupas.. Sy jg jd galau d lanjutin apa enggak.. Pdhl mahaall..

    1. Wah sama,aku juga baru pake erha minggu2 ini. Tpi pas konsul aku bilang ke dokternya karna mukaku belum pernah diapa2in aku minta yg paling ringan,trus tuh dokter ceritain kalo nnti bakal ngelupas atau kering gtu karna mengangkat sel kulit mati/regenerasi kulit. Dokter bilng sih setelah pemakain sebulan baru konsul lgi. Begitu aku liah ini aku jg bingung nih,sebenarnya produk erha iyu sekeras apa sih? Kalo keras bgt kok ibu hamil/menyusui boleh pake erha ya?

    2. Salam kenal,Says jg nih sebetulnya kulit tdk bermasalah,cm kusem ajA, sblmnya saya pakai nuskin, cm krn krg telaten lihat teman mukanya jd bagus krn pakai Erha(tp dia mmg kulitnya bekas jerawat)’ aku jd pingin cb erha, baru 3 hari aku pakai, aku dikasih 2 cream siang,2 cream malam,sabun muka, di hari pertama ku pakai oke aja, berikutnya wajahku jadi gatal2 banget, mmg pas konsul aku ada tanya dokternya kalo ntar gatal2 atau iritasi gmn? harusnya ngak terjadi,tp kalo terjadi di hentikan 1 hari trus dicoba lagi, aku ngak tau cream mana yg buat gatal, jadi galaw nih pakainya….

      1. Ikut nimbrung mbakk,,Awalnya sy jg mw ke erha,soalnya dr LBC jerawat gak ilang2,trus temen pake jafra,akhirnya nebeng masker lumpur(mudmask) jafra pnya temen 3 hari baunya herbal2 gitu,trus jerawat na berangsur kempes,,saya skrg pakai jafra,,
        Walhasil sekalian join member,
        konsul/order/join bisa WA 087817517676

  12. Hai mbaa,,,lam kenal yaa,,,cuma sharing aja,,,aq juga pernah pake krim krim racikan…awalnya bagus putih,,,kinclong,tp klnkena panas kayak udang rebus mukaku,,,,trs saat hamil,,,aq diminta stop krn gak boleh dilanjutkan,,,,muka ku kembali kusam,,ternyata itu mungkin yg disebut effect rebound,,,nah,ada temen yg cerita muka ku harus didetoks dulu dg alat Galvanic spa,,,ut mengeluarkan toksin yg sdh terlanjur mengendap di lapisan kulit,,,,membuat kulit kembali netral,,,sekarang aq pakai nuskin mba,,,alhamdulillah kulit jd sehat,,kenceng,,dan terlihat awet muda dari usia sebenarnya,,,

    1. Bener kalau berhenti kusam hitam dan spot hitam dibawah kulit..pakai yg ada dipasaran saja…aman ..detok sy pakai elicina snail cream…gak lagi lagi deh

  13. Yukk cobain mazaya cosmetik,alhmdulillah aman n ringan juga halal
    Mau kosmetik instan cepet kinclong tapi kandungan kimia pasti keras
    pakai ya biasa2 aja gk perlu krim2 dokter kecantikan yg penting wajah gk kusam n bersih sdh cukup
    pemakaian apapun asal rutin n sesuai dosis n aturan pakai insyaallah aman

    salam,mazaya

    1. wah mbak sm kyk aku. kirain cream dokter engak ada efek samping. tp emang bersih tp pas engak pake lagi wajah kacau dech. cape bulak balik perawatan akhirnya aku nyerah. aku coba alami sm produk majaya. alhamdulillah ada perubahan. salam majaya produk halal.

  14. Selamat siang, salam kenal mba.. Aku juga salah satu pengguna erha, sejak 2011, selama pake erha, muka jadi mulus, ga berjerawat sama sekali, tapi pori2 tetap besar dan bibirku dan kulit di bawah mata kok jadi kering bgt. Sejak awal tahun ini berhenti pakai erha, skr cuma pakai produk tea tree bodyshop. Muka ku jadi kusam, pori2 makin membesar, bagian pipi dan dahi jadi kasar. Hari ini niatnya mau ke erha lagi, tp jadi ga yakin.. Apa ada saran dari teman-teman semua?? Thx b4

  15. Halo mbak2…salam kenal. Saya jg pake erha 2th tp setelah stop muka kusem lagi. Sekarang saya pakai Jafra…halal, aman utk bumil dan busui, herbal (kandungan alami, no mercury, no hidroquinon), tidak ketergantungan dan berlisensi BPOM. Jafra sudah 57th didunia internasional tapi baru 2th di Indonesia. Bisa tanya-tanya dengan saya kalau mau tau banyak (pin 54DFCB16)

  16. hallo salam kenal semuanya,ini sya jg lagi dilema mau lanjut apa tidak ke erha,baru pakai 2 mingguan muka saya jdi keriput jdi tua gt tp memang dr awal dokter bilang efeknya nnti seperti ini ,dan saya di minta dtng lagi tgl 4 juni ini,takutnya klu diberentiin malah tambah parah,ada yg bisa bantu kasih saran ?tks

  17. haiii… hmm mba Nadia, apa yg di alami mba nadia skrg aku alamiii huhuuu sedih, baru 2 minggu pake erha tp skrg lg galau mau lanjud ato stop, masalahnya kulit saya uda terlanjur kering kriputt ganti kulit, kira2 klo stop apa yaa resikonyaa???? help mee 😥

  18. haiii semuaa.. hmm mba Nadiaa.. apa yg mba alami.. skrg aku alamiii huuaaa sediihh, aku lg galau mau lanjud ato berhenti. aku baru pakai 2 minggu muka kriput keringgg ganti kulittt tp ga enak bgt huhuu apa yg harus aku lakuiiinnn 😥 help mee
    tgl 4 agustus wktunya konsul lg tp akuu merasa udah ga cocok.. tp bingung mengenai kelanjutannyaaaa

  19. Salam kenal mbak…sy mau share…sy lgi nyari info lebih dalam tntang erha trnyata kurang lebih sama dgn dokter2 kulit yg lain…saran saya mbak2 pke JAFRA saja produknya alami…silahkan dicoba…

    1. Aku pke jafra lebih 11bulan masih masa detox,, dan tambah parah detox nya,, bukan nya berangusr membaik malah tambah parah,, karena risih liat muka aku, ak berhenti pke jafra trs ak masker tradisional gt,, malag udah mengering jerawat nya cuma muka kusem sihh..pdhal sdra ku pke jafra cuma detox 3bulan aja,,

  20. ACSBP sebenernya singkatan dari Acne Cleansing Scrub Beta Plus. Gaada Benzoyl Peroxidenya. Perih karena mengandung asam salisilat (Beta Hydroxy Acid) dan Sulphur.

    1. saya bantu klarifikasi ya…saya cek ke websitenya…jadi ada 2 jenis ACS ( acne cleansing srub) 1. ACS BP adalah Acne Cleansing Srub Beta Plus with Salycid Acid dan sulfur..produk ini adalah produk Over the counter produk alias bisa di beli bebas di erhalogy dikemas dalam bentuk tube. 2. ACS with BP adalah Acne Cleansing Srub with Benzoil Peroxide. produk ini hanya dapat di peroleh dengan resep dokter..dikemas dalam tabung putih..nah kayaknya mbak ayu memang mendapat resep yang dengan benzoil peroxide…cmiw

  21. Assalamu’alaykum Bismillah sln knal mba.. Mau share plus mnta saran nih mba… gini.. wktu bln 12 thn 2014 muka ku muncul jerawat. Lalu ada yg saranin untk brobat d erha. Jd sy n mama sy ke erha deh.. lalu stelah 1-3 bln sy pke produkx muka sya tmbah parah n muka jdi sngat perih apalagi saat kena sinar matahari, smpe2 naik mtr smbil nangis, sangkin sakitx.. n stelah sbar dgn smua it skitar 4 bln muka ku membaik, tp hny skitar 3 mingu aja, stelah it mulai lg mncul bintik2.. tp sy msh positif thingking klu mngkin sy alergi atw apalah.. strelah 5/6 bulan bintik2x mkin banyk… n sy sdh gnti doktr d erha, wktu awal2 bgus, lama2 mukaku muncul lg bintik2 smpai skrng.. smpe2 tanteku blng, kok mukamu hancur?? , yah sy jawab dgn positif thingking sj klu in alergi…sy mulai cari2 di intrnet kndungan brbhaya yg tdk blh ad d kosmetik n bbrapa ad d acsbp it… n sy jdi nga pde kluar rmh. Sprti trkurung d rmh sndiri. N ksian jg sm ortu, sox udah skitar 8 bln d erha, byr mhal jg, konsult lmayan sering, gonta ganti krim yg d ksh dokterx jg sring.. n mlah jrawatx blm smbuh… jd bingung nih mba, mau brhnti tp tkut akn efek smpingx….. n bgung jg cri cream yg alamai aman n halal jg… tkut ktipu trus… oh iyya klu wudhu tug yah mba mataku peri bagetttt. Smpe2 nngis. Astagfirullah jd tkut nih mba.
    Mhn saranx yah mba. Syukran

    1. Yaampuunn mbaaaaaak… Ikut bersimpati ya.. Saya juga sebenernya gak expert dan nggak ngerti soal perawatan muka.
      Yang saya tahu memang dokter muka itu cocok2an dan yang saya tahu juga erha itu obatnya keras.

      Saran saya, mbak coba ke dokter kulit kosmetik di rumah sakit aja kalau sampai parah begitu.. Tapi namanya obat dokter pasti ketergantungan, mbak.. Mesti teliti banget kalo mau cari produk yang dijual di pasaran.. Karena memang hasilnya gak instan kayak dokter2 tapi bahannya biasanya lebih ringan..

      Maaf saya gak bisa rekomen dokter muka yang oke ya mbak, karena takutnya gak cocok..
      Semoga jangan sampai minder ya, mbak.. This too shall pass 🙂

      1. Salam kenal mba…sy pengguna produk erha…alhamdulillah ga ada masalah,mlm hari sy pakai cream cc5 dan cc10 cara pakainya selang seling ga dpakai sekaligus dlm semalam,kalo siang sy pakai crem AMG3 cream ini juga dpakai pd mlm hari seblum pakai crem cc5&cc10,ga ada masalah,padahal jenis kulit sy cencitif dan berjerawat,selama sy pakai cream dr erha kulit sy ga merah,terkelupas,rasa panas atau perih sama skali tdk pernah sy rasakan..Alhamdulillah…oh iya sbun muka sy dari erha jg sama sekali ga ada busanya kena dmata jg ga ada rasa apa2 MCC’Milk Cleansing Cream mengandung Alpha hydroxy Acid(AHA)…oh iya siang hari setelah pakai cream AMG3 kemudian memakai cream erha7.. Itulah sedikit penjelasan sy tentang cream erha..

  22. Halo.. emang sampe segitunya ya?
    Saya dari 2011 pake erha sampai sekarang, jadi kemungkinan besar kemasukan pencuci muka itu pasti ada, tapi kayanya gak sampe sebegitu ‘hebohnya’ cerita mba.
    Yang jelas, obat erha itu pahit kalau sampe kena lidah.
    Gak bau sampe merasa lehernya tercekat.
    Namanya obat pasti bau. Decolgen ajah bau.
    Dan kalau rajin, keliatan hasilnya hanya dalam beberapa bulan.
    Setau saya pun, apapun masalah kulit, pasti diawal konsultasi pencucimukanya ACS BP.

    Terima kasih.

    1. Halo saya 3 tahun lalu pake erha saya lupa obatnya apa tapi dlm sebulan kulit jd kering mengelupas perih kalau kena sinar matahari kaya kepiting rebusssss jd saya stop disitu saya pake cream yg d recomend sama tmn cream HN gitu setelah berbulan bulan ok nya saya hentiin lagi karna saya hamil saya tkt kan karna yg saya tau kalau hamil g boleh pake perawatan apapun sesudah melabirkan saya balik lg ke HN al hasil kulit saya belang lang lang ada bintik bintik gatelllllll bgtt sekitar muka , akhirnya saya putusin buat balik je erha ini baru mau 2 minggu saya pake pemberaih muka Erha 1 , cream siang AM sama erha 7 , cream mlm AM , cc5 (untuk dahi) , ANC2 (untuk wajah lain) tp blm ada pengelupasan atau apapun tp kulit yg belang berangsur cerah saya jd bingung jg ni sama erha , mungkin cocok cocokan dokter kali ya karna skrg saya ganti dr kali ya

  23. Coba pake dari sebamed sist… Dulu saya juga punya pengalaman habis dari klinik trus kulit muka jadi hancur gtu ke dokter kulit dikasih produk dari sebamed buat perawatan sehari hari dan Alhamdulillah hasilnya cukup membuatku puas… FYI sebamed bisa dibeli di apotek century

  24. Hai salam kenal semua, sejak 6 tahun lalu kulit saya bermasalah dgn jrwt, mungkin krn suka gonta ganti produk sejak saya masih smp, produk yg ada di pasaran sih ky ponds, olay, garnier gt. Awalnya saya sabar, dan tetap menggunakan produk pasaran biasa, sampai akhirnya sya putuskan untuk perawatan di dokter” kulit.
    Sudah bbrp dokter sya coba smpai akhirnya sya mencoba perawatan di erha bandung sejak awal tahun 2012, memang awalnya ada pengelupasan, kemerahan, kulit kering, tapi lama kelamaan jrwt hilang dan singkat kata hasilnya memuaskan.
    Kulit jadi kinclong, licin, putih, tapi sayang stlh saya amati lama” kulit jd tipis, urat” jadi agak kelihatan, muka lebih berminyak dan kalau kena panas kya udang rebus.
    Smpai akhirnya pertengahan 2014 lalu saya putuskan pindah ke natasha, dan wow muka saya malah ancur pasca laser dan penggunaan cream”nya. Sthlh 5 bln berlalu..
    Saya kembali ke erha, dan alhamdulillah membaik seperti sedia kala.
    Hingga juni 2015, saya memutuskan u/ berhenti dari erha krn stlh sya baca” artikel, buku dan tanya” seputar kulit dan cara merawatnya pd tmn” saya yg kbtulan di bidangnya. Singkat cerita 3 tahun terakhir saya melakukan riset atau penelitian ilmiah secara sistematik trdp prodak skincare hehe
    Dan saya memutuskan u/ STOP !!
    Kenapa???
    1. Bikin ketergantungan
    2. Bikin kanker (kantong kering)
    3. Kalau gak cocok muka malah ancur
    4. Se-aman apapun produk dokter, kandungan kimia yg digunakan di dalamnya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang.
    Maka dari itu banyak dokter yg menyarankan u/ stop penggunaan skincare ketika hamil / menyusui. Kenapa? Ya karena ada efek samping dri bahan kimia tertentu.
    Meski berat, saya paksakan u/ berhenti.. Muka kusam, kemungkinan jerawat balik lagi, kasar, kucel, sudah saya bayangkan sebelumnya.
    Dan memang benar, stlh 2 bulan berlalu muka saya jadi gini..
    Skrg saya menggunakan prodak pasaran yang lebih herbal, krn lebih ringan kandungan kimianya. Minimal Paraben free lah..
    Saya pakai SK-II fte, stempower cream (jepang) combine dgn pelembab dari corine de farme (prancis), mud mask jafra, clear blemish treatment (gel jerawat) jafra (Usa), facial wash himalaya herbal ( india).
    2 bulan berlalu belum ada perubahan yang signifikan, mungkin karena sudah terbiasa dgn cream” dokter.. Tapi sya ttp lanjut, mudah”an membaik 🙂 aminn
    Saran:
    Kalo muka ga bermasalah, hanya kusam / pgn putih. Jangan coba pake cream” dokter deh.. Prodak pasaran lebih aman, meski hasilnya ga se-instan cream” racikan..
    Pola makan, pola hidup sehat sangat mempengaruhi kondisi kulit. So jangan cuman dirawat dari luar aja..
    Asupan gizi yang baik dari buah dan sayur, amat sangat membantu..
    Good luck all..

    1. Hallo, ikut nimbrung…saya jg ud pake erha selama lbh dr 7 tahun walau g rutin sih…karena jujur benernya pake erha tuh cocok bgt, cm ya itu ketergantungan jdnya dan kalau g make jerawat keluar smua ples kusem yang pasti, selain itu ya cm bilin wajah kd normal aj bukan jd ki clong bgt kya artis2 korea gtu…
      oh iya, muka saya dari smp sangat berjerawat dn berminyak…gegara itu jg ada acne scar…='(..hiks

      Akhrnya 2 tahun belakangan ini mencoba combine dengan cream yg lain dn tentunya yg lebih alami…jd goalnya si supaya bs lepas dr erha…

      Yg saya pakai saat ini :
      1. Pore cleansing wipes Jeju Volcanic Lava The Faceshop
      2. Rice water oil cleansing The Faceshop
      3. Sabun cuci muka ACS BP (nah ini yg ms belum lepas), tp ud siap penggantinya : a. Ocha Liquid Soap dari The Bathbox (ini ak ud pernah make, dn produk herbal asli Indonesia dn bagus bgt buat yg berjerawat dn berminyak, g bkin kering); b. Snail Foam Cleansing Cream
      4. Toner ginseng dari Dr. OhKims+
      5. Royal Honey Essential Queens Serum dari Skinfood
      6. Royal Honey Essential Emultion
      7. Sleeping Mask Whitening Capsule dari The Faceshop
      8. Ampoule Mask (versi Line, seriusan…heheh lucu bgt dn enak bgt di muka)
      9. Snail Mask
      10. Erha 21 Truwhite Activator Day Cream SPF 21/PA +++ (nah ini jg yg blom bs move on, karena belum nemu penggantinya)

      Kalau diliat2 knapa banyak produk korea nya, yaa karena kmren abis dr sna dn konsul, ternyata emank produk dr sana itu lbh natural dn kebanyakan dari bunga2an plus produk sana berlomba2 mengedepankan water base…*katanya sih*…tapi ya emank bener, dimuka tuh enteng banget dn lembut banget…kalau lg lebay malah ngerasa kenyal…hahaha…g kalah sm cream kimiawi lah…cm ya itu harus telaten pake step skin care nya org korea sana…(harganya jg si, rd lebih….huhuhu)…

      ya itu sih saran kalau mau beralih dr erha….

  25. Aaya pakek erha masih baru 1 minggu..
    Dan muka saya perih memerah n menglupas seperti terbakar..?? Kata tmn saya lanjutkan aja nnt 1bulan udah bagus?? Tapi saya udah gg tahan rasannya.. solusinya ttp dj terusin atau tidakk??

    1. sama mbak sy juga baru tgl 25 September 2015 kemarin pake erha sekarang lg kondisi bruntusan,merah dan kering kaya orang iritasi gitu….sebelumnya pakai natasha baik2 aja cuman karena dr th 2009 pake natasha sy pikir pingin ganti biar kulit gak jenuh eh tp malah jd gini…baiknya terusin atau stop ya udah coba2 nanya belum mba?galau juga nih…apa balik lagi ke Natasha yaa…Plisss help me…

      1. Berarti tadinya udah cocok di natasha mba? Mending klo udh cocok sm suatu produk, ngga usah ganti2 lg mba. Saya dulu juga awalnya ada keluhan di wajah krn ganti2 produk soalnya. Skrg lagi nyari2 juga produk yg cocok, tp blm nemu. Mba jadinya pake apa? Sapa tau bs direkomend ke saya.

    2. saya jg pake erha uda mau 2bulan alhamdulillah ga pernah ada masalah
      yg katanya dktr blg akan ada pengelupasan ataupun perih saya ga ngalamin
      mungkin tergantung jenis kulit
      tp coba konsultasikan dgn dktrnya lagi, kelebihan erha kan dktrnya itu sudah bergelar SPKK beda dengan klinik kecantikan lainnya
      biasanya klo ada yg cream yg bkin perih di stop dlu pemakaiannya, atau dberikan cream lain biar ga terlalu perih
      klo boleh tau mba dkasih cream apa aja?
      biasanya yg perih itu obat totol jerawat & tonernya

      1. Mau share ke teman2 dan mba hanna juga. Aku pake erha 9 bulan ini. Dan bulan januari 2016 udah berhenti. Awalnya aku make karna liat temenku muka nya kinclong banget dan bersih. Dan masalh kulit ku sama dengan kulitnya dia, kusam dan bruntusan. Akhirnya aku putuskan ke erha.

        Konsul pertama dikasih krim pagi, sore dan malam. Lupa namanya apa. Aku cocok2 aja sih, cuman yah itu muka ku minyak nya keluar banyak banget. Trus bulan depannya peeling pertama. Peeling pertama, kedua dan ketiga mukaku baik2 aja, gak merah gak terkelupas juga. Peeling ke 4, mulailah terkelupas tapi daerah2 tertentu aja. Itu masih bisa di toleransi. Karna gak terlalu perih. Dan kutanyain ke dokternya kata dia wajar kok itu. Akhirnya setelah sabar muka ku kembali kinclong. Peeling ke 5, jarak 2 bulan dari peeling ke 4. Disinilah permasalahannya, abis feeling jerawat ku malah tumbuh, bruntusan putih2 juga banyak. Ku tanya org erhanya, mereka bilang gak tau itu mba, setelah 3 hari konsul aja lagi ke dokter. Tapi ada yg keceplosan saat itu dan bilang, muka mba udah tipis kali kulitnya. Dalam hati, waduh…. Mba erhanya aja ngomong kek gitu. Tapi masih ku terusin. Akhirnya sembuh lagi setelah 2 minggu. Tapi bekas jerawatnya masih ada sanpe skrg. abis itu, aku liburan natal, ketemu sama family2. Mereka bilang kulit wajahku bagus kalo gak kena matahari, tapi kalo udah kena matahari, woww… Luar biasa. Kayak kepiting rebus. Akhirnya setelah bulan 12 aku habisin krim ku. Sampe januari. Dan sampe skarg aku gak make apa2, karna mau netralkan kulit wajahku sambil nyari cream bahan alami. Karna make erha bikin ketergantungan banget, Trus menguras kantong juga. Heheheh..

        Emang bagus sih, cepet bagus, kinclong tapi aku rasa kulit makin menipis juga. Udah gitu muka merah2 kalo kena sinar matahari. Jangan kan sinar matahari, keringat aja pas abis peeling gak dianjurkan.

        Setelah berhenti pake erha, muka ku gak seputih dan kinclong kek dulu. Jerawat juga tumbuh, tapi puji Tuhan gak kusam2 banget. Karna selalu ku masker buah. ini bingung banget mo pake apa. Rencana sih mo pake body shop. Ato ada saran lain gak teman2. Makasih yah…

    3. Mba wkt itu jadinya gmn? Diterusin ngga? Cz saya skrg lg ngalamin apa yg mba dulu rasain, memerah dan mengelupas, jd lagi butuh bgt2 share pengalamannya. Thankyou

  26. Yah namanya kulit org tu berbeda2, jd penanganannya jg berbeda. Bisa jd klinik atau kosmetik olshop yg kalian promosikan cocok untuk anda, tp belum tentu cocok di orang lain. Dan yg jelas kalo erha tu krim murahan, obat keras, dll yg seperti komen2 yg dicritakan, pasti kliniknya sudah ditutup. Jadi jangan mnjelek2an atas nama suatu merk ya, apabila ada pihak yg mrasa dirugikan bakal ada sanksinya loh.. Okee thanks

  27. Coba aja mb pake produk JAFRA yuksss..aman berbahan herbal sudah teruji dan bersertifikat BPOM pokoknya bikin jatuh cinta deh kalo udh kena jafra..WA 085697873978 BBM 2A8C4BDB

  28. Suatu perawatan bisa cocok untuk seseorang, namun bisa tidak cocok untuk orang lain. Ketika kita tidak cocok dg suatu skin care katakan saja bahwa “Ternyata saya tidak cocok dengan produk ini, mgkin produk lain cocok untuk saya”. Tidak perlu men-generalisasi-kan atau men-deskridit-kan skin care tertentu. Karena bisa saja cm Anda dan beberapa orang yg tidak cocok, tapi orang lain cocok. Berilah komentar yang bijaksana dan jadilah pengguna yang bijaksana. Karena keputusan Anda untuk berobat kesana adalah murni keinginan dan pilihan Anda sendiri, bukan paksaan org lain 🙂

    1. Saya setuju banget, jika produk yg dipakek gak cocok ya hentikan, ganti yg cocok, klo mau promo ya promo aja, yg penting jujur….krn menjelekkan yg lain (meski tanpa sengaja tapi lebay) juga gak lebih baik…piss

  29. Menurut saya pake obat dokter itu cocok2an yaaa..klo gak cocok,ganti saja..
    Saya baru pake erha 2 minggu,hasil bagus…klo cocok obat itu,ga perlu konsul lg,beli obat saja…
    Pagi AMG2 ama ASG dan Active eye firmer..mlm Erha5,ANC3 dan Under eye suppressor…dalam keterangan,wajah akan merah dan ga ble d bwah sinar terlalu lama..slama 2 minggu pakai,wajah gak ada tanda merah…mungkin muka saya sdkit bandel lol…pencuci muka juga sama mbak pakai,wkt cuci gak buka mata seh…

  30. aduh ucing pala berbie ,, saya udh kemana aja ..mulai natasya .. eva .. khe cho .. estetika .. skinos skin care .. sampe segala macam masker alami .. masker eceran dan lain lain gada yg cocok tetp aja jerawatan .. baru mao coba ke erha tapi komentnya serem semua .. ” kulit seperti kebakar” OMG jadi bingung harus kemana .. mau ke dokter KUN antriannya dari jam 5 subuh dan harus bolos kerja .. emang kalo lagi jerawatan gini STRES bener bener STRESS .. mending untuk yg mukanya bersih dan gada masalah aku anjurin sih pake yg alami seperti MADU + jeruk nipis / minyak zaitun dan tomat lebih aman .. soo .. hati hati mendingan karena ke dokter kulit wajah itu cocok cocokan .. kalo bagus bagus sekalian .. jadi nya HANCUR yasudah pasrah :’) kaya aku sekarang meratapi nasib yang berjerawat tak kunjung sembuh dari SMP 😥 …huhuhuhuhuh .. syedihhhhhhh ….

      1. Terus skrg jadinya pakai apa mba buat ngatasin jerawatnya? Udah bersih atau masih ada jerawatnya? Saya lg btuh sharing soal mengatasi jerawat nih. Cz dr dulu muka bersih kinclong ngga ada masalah. Tp sejak 3 bulanan ini jd muncul jerawat kecil2 kyk komedo gt. Udah coba berbagai macam produk blm berhasil2. Trakhir nyobain erha tp malah jd perih bgt bgt n sensitif mukanya. Jd ragu mw lanjutin pake erha lagi. Mungkin memang mahal itu belum tentu cocok yaa krn kndsi kulit org beda2..

    1. Sama, jerawatan udh lama sya malah dri SD kelas 6, maklum keturunan *hiks*. Smpai skrang msih Ada, tpi gk sebanyak dulu cuman klo muncul kdang Ada yg gede gitu *bah*

      Pola hidup juga ngefek sih apalagi makanan. Dri dulu gk demen perawatan mnum obt, klo di ksih pas konsul yah makan dulu klo di terusin kgak mw. Hehehe. Jdi perawatan dri dalam sendiri aja dah.

      Yah hasil’a lumayan, rada bersih (bekas jerawat itu lama bgt hilang), jerawat 1-2 Sana sini kdang gede.

      Jadi di saranin:
      1. Bnyak minum air puti, bkin kulit glowing( buat sya yah) jgn minum soda, klo mkan di luar pilih minum teh tawar sbnar’a bgusan mineral tpi kdang syang liat hrga’a LOL
      2. Bnyakin makan sayur. Jdi klo mkan paling gk ada sayur ijo’a, klo gk Ada juga gpp sih. Misalkan mkan malam Ada sayur ijo 1 mangkok bakmi (serius itu buat saya sendiri, n itu tiap hari)
      3. Makan buah. Ini sbnar’a gk Ada alasan khusus selain buat berhenti-in jajan, jdi jgn tnya buah apa yg bgus buat kulit LOL. Sya tw’a yg bnyak mengandung anti oxidan (kyak’a slah spelling,hmm). Pling sring konsumsi : 1 apel & 330ml jambu biji buat dikantor kdang bwa pepaya/buah pir ( klo ngantor tuh brsa piknik, bnyak bwa kotak mkan)
      4. Nasi putih kurangin banyakin lauk. Ini lebih ambil nutrisi dri makanan hehehe
      5. Klo yg pake obt dokter, pke telaten, rajin & teratur. Klo males/gk teratur pake, buang” duit loh. Klo udh cocok disaranin jgn gnti juga, gk mulus bukan berarti gk ngefek.

      Selamat mencoba teman”🙌 hehehe

      Btw, Mba reza itu bikin masker madu pke madu apa? Beli dimana? Ada yg tw believe raw madu dimana? Di jkt yah 😁

  31. Share sedikit ttng erha. Sy sudah uda.10 thn pake.natasha.. bosen karna harus peeling terus biar muka kinclong. Mangkanya pindah k erha. Soalnya klo.cuman pakai cream muka kurang bagus d natasha.. stelah pindah erha. Dpt 1’bln muka bagus . Cuman ga cling2′. Mungkin karna ga peling n facial jg. Akhirnya ku pae trus sampai bln ke 5. Aq.ambil.smua produknya yg best of d best lah. Akhirnya pake.dpt 6’bln muka skrng merah terus. Jd kliatan item n merah kayak abis kena panas.. padahal cream q masih buanyak.. jd.bingung mau d.kemana in.. akhirnya skrng coba pake tamara skin care.. moga coock aja..

  32. Info aja kalo diresepin krim malam CC itu emg paling riskan merah2, ngelupas, rasanya perih dan kena debu atau asap sedikitpun akan langsung gatal bahkan bruntus merah merah dimana mana. Awal saya pake CC seperti itu selama 2-3minggu, saya tahan2 dan terusin aja. Kemana mana pake masker kecuali kalo indoor. CC itu stands for corrective cream, jadi bener bener regenerasi kulit makanya pada ngelupas. Setelah masa masa suram itu kulit bener bener putih bersih, ga ada bekas jerawat sedikit pun. Udah kaya pake primer, foundation dan blush on padahal engga sama sekali. Setelah itu lanjut pake produk2 erha udh selama 6bln so far ga ada masalah merah2 itu lagi. Cuma balik lagi ke keadaan kulit masing masing dan dokternya itu sendiri. Kalo konsul, coba di cek dokternya apakah SpKK atau tidak. Karena di erha ada dokter umum juga, dan tentunya lebih saya recommend yang SpKK.

  33. Kalau saranku cm 1, carilah produk makeup yang sudah jelas terdafar di BPOM, krna klo udh terdaftar di bpom itu mesti aman..

  34. Saya udah 1th setengah smp skrng pke erha,lhamdulillah gak knp2. Awal yg dibilang ngelupas parah, perih, dll. Alhamdulillah saya gak merasakan ngelupas separah yg dibayangkan.
    Justru skrng muka saya bersih, putih. dan gak perlu pke bedak yg tebel seperti sblmnya.
    Mungkin krna kecocokan dan jenis kulit berbeda2 yah,jdi ada yg cocok & tidak pakai erha.

  35. Pk acs bp buka mata even ga knp np kok. Dokter di rumah sakit erha kan spkk smua , kalau mmg kimia berbahaya and so on ga established sampai sekarang mungkin.

  36. Pd dasarny semua produk itu cocok2an,semua sabun yg mengandung scrub pst bakal pedih kl masuk mata kl dlm 3hr blm sembuh berarti hrs hub dokter.sy jerawatn parah ud berobat kmn2 akhirny sy disarankn pakai erha saat sy konsul sy aktif bertanya kandungan cream dan cara pakai serta efekny jd tdk asal terima resep sj,dokter blg kl gbs instan hrs telaten resep pertama sy pakai 2minggu tp ad
    beberapa jerawat malah muncul sy dtg lg konsul dan dpt resep ke2 alhamdulillah 8bln jerawat sy sembuh.slm 8bln itu sy mengalami kulit kering smp berkerak dan pedih tp cm beberapa menit. sy telateni pakai crem tipis
    rata dan rutin alhamdulillah skrg wajah sy
    bersih tinggal bekas jerawat scar sj yg hrs ad
    a tindakan khusus sy rajin konsul jg 2bln sekali agar dokter tau perkembangan kulit wajah sy
    Dan banyak tmn sy pakai erha setalah tau wajah sy skrg saudara jg.menurut sy produk apapun aslakn kt cocok dan benar cara pakainy apa lg dlm pengawasan dokter pst lbh bs d pertanggungjwbkan.setau sy bpom dan dinkes setiap thn selalu dtg ke klinik2 utk mengecek kandungam obat dan kestandartan klinik kl tdk sesuai klinik akn ditutup.
    Sama kyk makan mieinstan pdhl katany g sehat knp masi d perbolehkan d indonesia kl makanny g tiap hr jg gpp tp kl makan tiap hr bs akibat kanker dll.sama sperti kandungan obat bila memakai sesuai takaran yg d anjurkan pst akan lebih baik.dan jgn lgsg kt telan mentah2 dgn apa yg kt baca d web krn blm tentu bs d pertanggungjawabkan
    Maaf apabila ada salah kata 🙂

  37. Nanya dong, saya usia 25th. Baru prtama kalinya nyoba ke erha clinic, yg di kemanggisan, konsultasi sm dr.Rizni.problemnya byk jerawat2 komedo jd tutul2 kecil2 banyak gt di muka. dari krim2 perawatan yg dikasih, saya udh pakai slama 1 minggu. Kok perih banget ya rasanya di muka? memang jerawatnya lumayan bs kempes&berkurang. Tp wajah jd perih terus, kulitnya jd tipis& sensitif bgt bgt bgt. Kena sinar matahari langsung ngelupas2& merah2nya parah banget. Duh gmn ya.. dilanjut ngga ya pake erha klo kyk gni caranya? Jd ngga fleksibel dong masa kena panas bentar aja gbs. Need advice nya dong please, share pengalamannya dong mba dulu gmn pas lepas dari erha? Ada keluhan ngga wkt stlh lepas dr erha? Misal jerawat muncul lg atau gmn gt? Jd ragu soalnya mau lanjut pake erha. Rencana kalo sampe besok masih merah2 mau saya stop aja nih. Cz klo hrs konsul lagi ke dokternya ya bs bokek dong, kan baru 1 minggu abz dr sana. Thankyou 🙂

  38. Hi semua.. Lama gak komen lagi hehe.. Selamat tahun baru yaaa 🙂
    Btw maaf ya, saya sudah tidak ingin berkomentar mengenai postingan ini lagi.
    Pesan untuk yang nanya2 mau konsultasi, kalo kata ahli2 kecantikan itu;
    1. Jangan mengikuti ritual orang lain. Karena beda orang, beda jenis kulit, beda permasalahan pasti beda pula treatmentnya

    2. Skincare regime sebaiknya diganti dalam waktu 4-5bulan sekali karena kondisi kulit kita pun berubah.

    3. Cleansing cleansing cleansing.

    Good luck ya semua..
    Semoga tahun baru, kinclongnya baruu 😉

  39. Ah nggak apa2.. kulit tiap orang memang beda. Saya malah pakai erha sejak 2008 cocok banget.. memang sih pernah berhenti waktu hamil wajah jadi kusam gitu deh. Tapi namanya kulit gak dirawat ya begitu.. pasti kusam. Dan emang hrs dirawat terus. Skincare kan untuk merawat bukan mengobati. Jadi harus dipakai terus bagi yg cocok. Erha itu brand terkenal lho, banyak banget cabangnya. Cocok bagi sebagian org tentunya. Yang nggak cocok nggak perlu jelek2in… 😉

  40. Hello mbak, Ini share bagus banget. Bukan buat menjelekan brand erha Tapi ini buat pertimbangan kita kalo mau ke skincare. Ehm, aku share sedikit 2012 lalu aku mengalami muka ancur gegara skin care Wijaya platinum. Nah, Dari situ pun aku tau kalo di Wijaya platinum ga semua dokter bergelar sp.kk . wajar aja mereka aku Kata kan ga bertanggung jawab pada muka Ku yang endingnya aku sembuh Dari jerawat krn ke dokter sp.kk Tapi jadi bopeng kaya gini. Nah minggu lalu aku ke Erha untuk beli sunblock buat Si pacar, setelah searching2 di Erna bisa beli produk tanpa konsul dan kebetulan Si mbak nya nawarin paket Sabun muka + sunblock nya. Akhirnya kita beli. Tapi pas bayar liat jadwal dokter yang tulisannya nama tanpa gelar sp.kk saya tanya ke mbaknya ‘mbak apa itu dokter nya dokter spesialis kulit’
    Kata mbaknya ‘oh ga, mereka dokter umum krn kalo di mall gini sama pemerintah ga boleh dokter spesialis praktek Tp semua Sudah di training sesuai standard erha’
    Aku jawab ‘oh gitu, Tapi bayar konsulnya sama?’
    ‘Sama mbak. Kalo yg sp.kk adanya di Erha yang di ruko2 kliniknya’

    Dalem hati bilang ‘rugi dong ya. Mending konsul sama dokter yang sp.Kk seenggaknya mereka udah ambil study ttg nanganin kulit. Lebih bertanggung jawab’

    Nah, itu share aku, biarpun udah di training dan label brand Tp aku fikir kita mesti ketemu orang yang emang ahli di bidangnya. Kalo training aja cukup jadiin orang itu dokter kulit ya sekalian aja tutup semua jurusan spesialis. Trainingin ahli jantung atau paru dan di operasi sama mereka kalo Sakit. Apa mau? Kan ga. Hahahaha

    Aku mau tanya mbak, apa mbak masih punya foto Sabun Cuci muka nya Dari tampak depan belakangnya juga. Soal nya kan series Sabun Cuci muka erha banyak ya. Makasih mbak!

  41. Hallo semua,,, 🙂

    Kebetulan aku lagi pake perawatan ERHA juga nih, cerita nya sama persis kaya blog diatas kalo udah cuci muka pake ACSBP ( Acne Cleanser Scrub Beta Plus ) perih nya tak tertahan kan aku selalu keluar air mata kaya nangis saking perih nya, tapi emang bagus sih ke jerawat jadi kering…
    so far sih ERHA bagus menurut aku drpada pake krim2 sembarangan, tapi ya tergantung cocok cocokan juga sih ya…

  42. hai cewek cewek cantik sama salam kenal yaa aku, makasih untuk semua yang udah kasih riview dgn pengalamnnya masing2, coba deh pake estetika dr janet di daerah jakut pademangan creamnya sih emang gak bkin putih yaa tp bkin cerah krn cerah n putih itu memiliki arti yang berbeda, klo menurut aku dan kk ku cream nya bagus harganya juga terjangkau bgt, nanti konsultasi dulu sama dokternya.. klo di aku sih ini bagus aku dari dulu gak pernah jerawat timbul paling klo lg mens aja itupun 1 2 aja tar ilang lg.so buat aku ini recomended deh..

    1. Sos aku jg br make cream dari dr janet… Kalo kode Acne-ag1 itu untuk apa yah kira2 soalnya saya pake jerawat keluar yg mateng2 dan merah tp cm ditmpt yg ada jerawatnya aja… Thx

  43. Hai, aku juga pake erha baru sebulan tadinya muka ancur oarah gara2 pake jafra katanyasih ptoses detox tapi lama banget sampe muka ancur parah dan dari jafra pun gada dokter yg bisa dikonsultasiin makanya akhirnya aku ke erha dan alhamdulillah jerawat aku berkurang sisa bekasnya aja.
    Aku jg pake acsbp nya iyu kena mata emang perih tapi ga parah hanya saja kadang tangan terasa pait sekali, dan setiap krim abis pembelian harus konsuk dulu dan setiap konsul krim nya selalu diganti-ganti.

    1. aq hbis jafra kok juga gitu ya..udah mau 28 hari spt iklannya…gak ngefek tetep aja….ganti ke sk ii malah lsg dropp…ancur minah…tak photo kirim ke yg jual sk ii suruh brenti dulu, ganti ama masker buah2an asli….hadeuh…tanpa solusi…hbis itu sempet ke klinik cuman uda 2 kali berobat gak ngaruh dikitpun…nyoba pake avene…tak lebih baik…skrg lagi ke erha…semoga kali ini sesuai harapan…emang urusan untuk kulit beda orang beda kebutuhan dan beda hasil…maaf saya tidak bermaksud menjatuhkan produk jafra atopun sk ii krn ada temen yg makek hasilnya juga bagus…

  44. hai teman teman yang disini , pakai nuskin aja, asli aman luar dalam dan gak ada yg gak cocok karena lulus uji life gen, halal lagi, sblm di launching, ilmuwannya dulu yang harus pakai, treatmennya juga di rumah sendiri, jadi kayak punya Health an Beauty Home Spa, kereen banget, butuh info hubungi saya ya : Juliarti WA : 089522797624, hp .08125351026

  45. Hallo semua, aku lg pengen nyobain ERHA krn muka ku dr smp uda jerawatan cmn ga trllu parah skrg malah nambah parah d umur 20th, mungkin krn bedak” n pola hidup yg kurang sehat . Cuman dr cerita tmen2 d atas yg kta ny muka memerah mengelupas menipis kaya udang rebus dll aku jg ngeliat gitu d muka tmen ku yg make erha tp kulitny lmyan mulus n putih . Tmen” mau tanya dong buat yg uda pake erha n berhasil itu yg punya bekas jerawat hitam” n tekstur kulit ga bagus itu hilang dlm wktu brp lama y?

  46. Salam kenal untuk semuanya ,,,
    maaf saya hanya berbagi pengalaman ,
    Banyak pemakai cream pencerah yg baru menyadari saat pelepasan pemakaian , efek yg menyeramkan bagi saya setelah melihat beberapa teman dan kerabat saya yg mengalami kerusakan sel kulit pada wajahnya akibat pemakaian cream 2x perawatan yg banyak beredar di pasaran dengan tameng
    ” Clinik racikan dokter”
    Saran saya Jika ingin memakai produk perawatan wajah yg aman dan halal , pakai perawaran wajah Zy KOSMETIK aja, racikannya sangat ringan , dan pastinya gak akan buat si pemakai ketergantungan,
    Selama ini saya gak pernah dengar ada yg merasa tidak nyaman dengan produk ini,
    Zy KOSMETIK berdiri di atas
    PT PARAS JELITA INDONESIA – JAKARTA
    Resmi terdaftar BPOM ,( boleh di cek )

    Silahkan mencoba sista…..

  47. saya lagi pake erha, baru 2 kali konsul, dikasi acsbp juga mba. setau saya kandungannya ada salicylic acid jg jadi memang klo kena mata yg jaringan lunak bahaya karna efek keratolitiknya. kulit aja bisa dikikis apalagi jaringan sehalus mata 😅 tapi SA biasa dipakai kok utk produk kulit, bahkan produk2 OTC macam garnier, ponds, nivea dll..

    1. Salm kenal mb. Menurutku pake yg alami aja n aman untuk klit snsitif,bumil,n busui. Sehat dulu baru cantik. Pake masker kefir,bsa ngilangin ktrgantungan cream dr jg. Kefir sndiripun udah terkenal dgn byak manfaatnya untuk kesehatan n kecantikan. Bs searching dlu biar mantep. Kalau mau tanya2 bs add pin q 28dd9196. Maksih

  48. Aku baru mau coba pakai ERHA sudah konsultasi dan ini hari pertama pakai krimnya gatel gitu rasanya tapi abis itu sih ilang. Apakah itu proses yang wajar ?
    Sebelumnya pakai jafra dan dari bulan april – september kemarin katanya detox muka kusam, dan jerawat batu gitu. Tanya sama konsultannya, disuru sabar sampai kapan ? Hahahaha malah muka dekil gitu. Jadi sekarang beralih ke Erha semoga aja cocok

  49. Halo. Saya baru coba pakai erha untuk masalah saya cuma jerawat didagu, gak berani tebus semua obat nya krn takut gak cocok. Jd coba krim siangnya aja. Yg amg2 dan asg. Tapi kok pahit ya. Jadi kalau saya keringetan, atau sedang berwudhu misalnya obatnya suka ngikut air wudhu ke bibir dan pahit banget. Dan sorenya kok saya mendadak jd batuk2, gatau juga sih apakah berhubungan sama obatnya yg bulak balik tanpa sengaja masuk ke mulut itu apa ga. Berhubung masih satu hari coba pake erha, sy berencana untuk berhenti aja. Tapi sy penasaran apakah ada kandungan berbahaya di dua krim itu? Krn saya selama ini pake krim produk2 lain ga pernah sampe pahit begini. Terimakasih.

    1. Hii Nidya, saya juga pakai erha nih, udah 1 tahun deh sejak Desember 2015.
      Iya memang pait kalo keringetan, agak kaget juga sih.
      Dulu pas 2015 jerawatan parah karena pindah ke jakarta dan kena debu (naik angkutan umum), duluny kan pas kuliah di karawaci kemana-mana pakai mobil pribadi jadi gak berdebu ria.
      Mulai pakai erha 3 bulanan uda membaik, bulan ke 4 kulit wajah jadi shiny n glowing2 cerah gitu.
      Tapi makin kesini masuk bulan ke 7 ga ada perubahan apa2. Udah 1 tahun malahan kulit jadi kusam. Dokter saranin peeling terus, malahan parah sehabis peeling jerawatan muncul lagi sana sini, kulit kasar dan kusam juga.
      Krim yang dokter kasih makin ganti2 ga jelas, jadinya minyakan parah.
      Bau krimnya juga serem sih. Jadi skrg lagi pelan2 lepasin erha, karena walaupun produk kecantikan bikin ketergantungan, tapi bedanya produk dokter itu zat kimianya obat2 an, lumayan keras karena ga bisa dijual bebas, harus resep dokter.
      Mending pindah ke skincare Jepang deh, bau nya soft.
      Dulu pernah pake KOSE, itu bagus bgt, muka jadi kenyel, dan glowing, tapi ya harga juga mahal sih 1 set bisa 3jt an.
      Toner KOSE dipake utk kompres jerawat, dan hilangkan bekas jerawat baru.

  50. Hello, aku ikutan nimbrung yaa..
    Biasanya resep/produk yang dikasih sama dokter tuh pastinya keras, karena memang hanya dokter yang boleh ngasih resep yang mengandung bahan kimia. Menurut pengalaman aku sih, memang ada produk tertentu yang efeknya bikin kulit terkelupas, panas, gatal, merah. Tp itu biasanya bagian dr proses pergantian kulit yang biasanya prosesnya 2 mingguan. Aku gak ngomonh soal merk tertentu ya, yang jelas produk yang udah dikasih dokter, menurut saya pasti sudah ada pertimbangan dokternya…
    Aku juga dulu gitu, disampaiin sama dokternya mengenai efek sampingnya: wajah bakalan mengelupas dan waktu itu seperti si buruk rupa, tp syukur setelah 2 minggu langsung mulus… 🙂

  51. sabun erha emang gt klo kena mata bisa perih bgt, jd hati2 make, jd mbak nya kenapa pake sabun muka, mata tetep melek? kebanyakan org kan klo pake sabun muka nerem di basuh baru melek matanya, 🙂

  52. Hai mba..

    Aku baru nyoba erha nih, sebelumnya beberapa bulan yg lalu pernah baca tulisan mbak,dan sempet ngeri sm erha. Tapi akhirnya tetep pengen coba gara2 abis melahirkan pake skii mukanya ga mempan lagi malah jerawatan.
    Nah..pas pake sabun ACSBP, kena mata dong..perih bangettt ngeeett😄😄..langsung inget tulisan mbak yg ini dan langsung disiram air shower, trus entah gimana pas selesai mandipun perihnya masih..syedih..

Leave a Reply

