My story

Busui puasa nggak yaa?

image

Waah sudah 2x Ramadhan nih saya nggak puasa.. yang pertama sedang hamil 3 bulan, yang kedua sedang ASI eksklusif.. Tahun ini gimana? Karena Anelka sudah 1 tahun 4 bulan, dan kebutuhan utamanya bukan ASI lagi, maka saya mencoba berpuasa.. bismillah… Hari pertama, tubuh saya kayaknya kaget. Biasa makan banyak dan rutin, ini kok gak diisi sama sekali.. mana lagi saya di rumah saja bersama Anelka.. dan frekeuensi menyusu gak berkurang.. Jadilah saya lemas selemas lemasnya.. Sampai kliyengan dan pandangan gelap. Saya sempat berpegangan kursi beberapa saat karena hampir jatuh.. Lalu ketika menemani Anelka yang sedang ‘mencuci piring’. Saya berdiri lama memegangi kursi tempat dia berpijak. Aaaakk ternyata saya gak kuat.. Buru2 tiduran saja di ranjang. Akhirnya dari 16:30 sampai buka puasa, saya habiskan di ranjang. Hmmm saya belum pernah puasa selemas ini.. bahkan biasanya hanya sahur dengan air putih pun sudah lebih dari cukup hihii.. Alhamdulillah, saya bertahan sampai buka.. Lalu hari kedua. Masih agak lemas tapi rasanya lebih baik dari pada hari pertama.. nggak ada rintangan berarti dan saya bertahan sampai buka.. Tapi 2 hari selama saya berpuasa ini, Anelka rewel sekali… Menyusu rewel, nggak menyusu tambah rewel.. dikasih freshmilk ya mau, tapi tetap mencari ASI mungkin karena ada saya disekitarnya.. Lalu saya baca blognya dr.Maharani mengenai ibu menyusui dan puasa. Katanya beberapa hari pertama anak menyusu tidak nyaman. Ya mungkin Anelka termasuk anak yang disebut itu.. Yasudah. Hari ini, hari ketiga, saya nggak berpuasa. Saya mau coba tes aja.. eh ternyata entah kebetulan atau nggak, Anelka nggak rewel lagi.. nyusu anteng sampai tertidur.. ya pokoknya seperti dia biasanya aja 🙂 Menurut agama gimana? Yaa saya juga bukan ahli agama.. Saya coba carikan bacaan, ini salah satu link yang mencoba menjelaskan bagaimana ketentuannya berpuasa bagi perempuan hamil dan menyusui… Silahkan menjalankan kepercayaan masing2 yaaaa 🙂 *gambar dari sini

1 thought on “Busui puasa nggak yaa?”

Leave a Reply

