Posted in sekolah

Montessori Intellegencies School, Bekasi

Di sebuah forum lagi rame2nya nih tentang sekolah ini..
Sekolah baru di Bekasi, menggunakan metode Montessori.
Saya penasaran. Walaupun nggak terlalu dekat dari rumah, kalau sekolahnya bagus kenapa nggak? πŸ™‚

Pertama tau sekolah ini dari teman saya. Dia memasang foto profil-nya di bbm dengan gambar iPad yang menayangkan cctv. Saya tanya,
“wah, itu gambar anakmu di sekolah yah?”
“iya, ada cctvnya. Jadi bisa lihatin dia terus sambil kerja”
Saya tanya lagi,
“apa nama sekolahnya?”
“MiS, di Galaxy. Sekolah baru”

Saya browsing dan cari info tentang sekolah tersebut. Buka websitenya, nggak tertarik. Sepertinya itu sekolah kecil. Saya rela Anelka sekolah agak jauh, kalau sekolahnya besar dan menurut saya layak.

Beberapa bulan berselang, saya buka2 forum sekolah Bekasi. Waaaah, kaget dengan respon ibu2 di sana. Semua excited sekali ingin menyekolahkan anaknya di sana. Ok, sepulang dari open house SVP saya menyempatkan mampir ke MIS. Ternyata sudah tutup.
Agak kaget sih lihat sekolahnya. Di ruko. Halaman parkir seadanya, langsung di pinggir jalan raya, agak berantakan sekali sekitarnya.. Hmmm

Besoknya, saya “laporan” di forum. Ada yang menjawab “iya, kalau lihat dari luar memang gak menarik. Tapi berbeda sekali lho dalamnya….” oke lah, saya akan sempatkan lagi lain hari..

Berapa hari kemudian, saya kembali ke sana.
Sampai di sana, meja resepsionis/ informasi kosong. Saya melihat seorang petugas sedang membantu melepaskan sepatu anak yang hendak naik tangga menuju ruang kelas. Kesan pertama saya, hmm sepertinya mereka kekurangan petugas.

Lalu, petugas tadi mendatangi saya, menjelaskan singkat tentang sekolah, dan mengajak saya berkeliling. Pertama, ia menjelaskan bahwa setiap anak akan dicek suhu badannya sebelum masuk ke area sekolah. Kalau demam, akan dipulangkan.
Di ruko itu, area bawah berisi: meja resepsionis, ruang tunggu untuk ibu2 dan layar2 tv yang menampilkan kamera cctv dari masing2 kelas. Tempat bermain indoor, ruang untuk baby gym, ruang kelas untuk level Babies Club, kamar mandi terbuka untuk anak.
Pada bagian belakang terdapat tempat main out door, rumah pohon, ruang montessori.

Naik ke lantai 2, kelas2 terdapat di sini. Kalau gak salah ada 3 ruang kelas dan 1 perpustakaan. Hmm agak sempit menurut saya.

Beberapa kekurangan, menurut saya..
1. Metode montessori mestinya tidak memisahkan ruang kelas. Namun anak memang diperbolehkan untuk memilih apa yang ingin dia pelajari. Tidak dijadwal 1 jam sehari misalnya.
2. Buku di perpustakaan masih sangat sedikit. Sekitar 15-20 buku. Hanya rak buku biasa. Dan tidak ada kegiatan wajib meminjam buku
3. ruang sekolah terlalu sempit, tidak leluasa untuk eksplorasi

Kelebihan yang jarang ada di sekolah lain:
1. Mempunyai akses cctv yang bisa dengan mudah diakses melalui gadget orang tua
2. Layanan menggunakan BBM untuk bertanya seputar sekolah

Untuk biaya, saya foto saja ya.. Bingung nulisnya πŸ™‚

20130429-182238.jpg

Ruang bermain indoor. Pagar yang terbuka itu tempat murid2 masuk.

20121127-221852.jpg
Ruang kelas Babies club
20121127-221902.jpg
Ruang bermain outdoor di halaman belakang.
20121127-221915.jpg

20121127-221927.jpg
Ruang montessori
20121127-221940.jpg
Perpustakaan sekaligus ruang science
20121127-221949.jpg

20121127-221958.jpg

M.I.S
Jl. Pulo Ribung Taman Galaxi Indah 1
Ph: 021-82413366
BB PIN: 2138D20C
Email: enquiry@mis.sch.id
Website: www.mis-school.sch.id

One thought on “Montessori Intellegencies School, Bekasi

  1. Montessori is an excellent teaching method, we totally agree, in fact at Sekolah Victory Plus we also apply the Montessori teaching methods in our Early Childhood Education division. (Playgroup, Baby gym and Early Years 1 and 2)

Leave a Reply

