Posted in Preggos

Sehat, Menyenangkan, Bahagia :’)

Kehamilan.
Baru bisa cerita sekarang, setelah menjalani 40minggu6hari masa itu :’)

Kehamilan yang sehat, menyenangkan, bahagia. Alhamdulillah..
Satu2nya masalah cuma masalah hormonal yang luar biasa naik turunnya hihi..

Aku menikah 7 Mei 2011, hari pertama haid terakhir 10 Mei 2011 (iya, hari pertama honeymoon πŸ˜€ ), test pack 21 Juni hasil positif. Langsung ke dokter, usia kandungan 5/6w aku gak gitu ingat. Alhamdulillah. Gak menyangka Tuhan percaya secepat itu..

Karena seminggu sebelum menikah memutuskan untuk resign, setelah menikah kerjanya ya apalagi kalau gak browsing sana sini ini itu :p

Hasil browsing forum2 dan atas rekomendasi teman, jadilah aku memilih obgyn Dr.Ridwan di KMC yang selanjutnya gak henti2 aku syukuri.
1st impression, orangnya ramah bangettt.. Langsung jabat tangan dan menyapa nama kita, sepanjang obrolan menyebut nama kita, selesai periksa pun menyebut nama kita πŸ™‚

Menurutku, pemilihan dokter ini hal yang super penting! Karena selama 9 bulan kita akan minta saran dan mengikuti apa katanya. Jadi tolong banget, benar2 cari dokter yang membuat kita nyaman, kasih informasi sebanyak2nya, dan bisa diajak komunikasi.

Amazed sama cerita2 gentle birth-nya Dee Lestari dan beberapa ‘pasien’ suaminya, pandanganku mengenai melahirkan berubah total.. Ternyata melahirkan bisa gak diinfus, bisa gak dijahit, bahkan bisa di rumah..
Jadilah aku banyak tanya ke Dr.Ridwan bagaimana cara meminimalisir intervensi medis pada saat melahirkan nanti..

Aku ceritain yaa yang aku lakukan selama hamil
– minum 3 jenis vitamin. Asam folat trimester 1. Asam folat dan zat besi trimester 2. Zat besi dan Kalsium trimester 3.

– minum susu Anmum rasa coklat 1 hari 2x takaran gelas yg besar. Banyak yang bilang susu gak penting, tp waktu aku berhenti minum janinku berat badannya naik super sedikit. Jadi lanjut minum lagi

– selalu sedia gulas di trimester pertama karena kadang2 suka merasa sedikit mual

– 2x cek darah. Pertama cek virus2 tokso, rubella, cmv. Yg kedua gula darah, HB, cek golongan darah dan ternyata berubah!

– atas saran dokter, sejak 2 bulan jalan pagi keliling kompleks 30 menit 3x seminggu tanpa berhenti. Gak nyangka banget 30menit itu jauuhhh..
Kalau jalan di mal katanya efeknya beda, karena kitanya berhenti2 lihat2 hehe.. Trimester 3 jalannya setiap hari.
Katanya guna jalan pagi ini, bikin tidur nyenyak, melenturkan otot panggul, aliran darah lancar, sehingga jantung kita dan janinnya sehat.
Kalo kata orang dulu yaa, biar lahiran lancar πŸ™‚
(Btw yang memotivasi rajin melakukan ini adalah keinginan kuat untuk minimnya intervensi medis dan dukungan suami yang gak henti2 menyemangati, dan selalu menemani di tiap sesi πŸ™‚ )

taichi for pregnancy. Aku cari di youtube cara2 latihannya. Sekali lagi, ini terinspirasi dari Dee Lestari dan suamiku gak pernah absen untuk taichi sama2 aku :”)

– beraktifitas seperti biasa. Nyetir, jalan2, nonton midnight, naik pesawat, dll

– beli buku melahirkan tanpa rasa sakit dan belajar proses hypnosis. Ada cdnya juga dan aku selalu dengarkan ini bersama suamiku

– beli dvd prenatal yoga waktu trimester 2 menjelang 3. Menurutku ini membantu bangett.. Latihannya bagus bangett dan dia kasih tips2 kalau kontraksi

– ikut kelas senam hamilnya KMC. Bagus banget! Ada pembekalan materi dulu 1,5jam pertama. Waktu aku ikut, materinya tentang ASI.
Senam hamil KMC termasuk mahal dibanding RS lain. Sekali datang 100/150rb (lupa) dari jam 9-12.30 gak terasa tapinya.
Tapi kelasnya bagus. 10 orang aja per sesi, ada kamar mandi di dalam, dapat snack, dikasih tips2 juga biar cepat masuk panggul, dan yang paling penting latihan pernafasan!! Gak nyangka latihan pernafasan ini sungguh berguna di persalinan.

– hanya makan makanan yang dimasak pada 100derajat atau lebih pemanasannya. Jadi kalau steak ya very well done (gak enak!!), sate gak makan, apalagi salmon salad! Slurp..

– konsultasi ke klinik Laktasi di KMC. Sebenarnya pengetahuan tentang asi sudah banyak dikasih Dr.Galih waktu pembekalan materi di senam hamil. Tapi kalau ke klinik Laktasi ini kita praktek menyusui pakai boneka, diajari cara posisi menyusui yg benar, pelekatan, perah pakai tangan, dan yang paling penting puting itu dicek.
Aku juga baru tau bahwa puting ternyata macam2. Ada yang masuk ke dalam, rata atau menonjol. Kalau putingnya bermasalah, nanti bisa ‘dibetulkan’ dulu atau dikasih tahu cara menyiasatinya

– menjaga banget kebersihan vagina dan gak pakai panty liners! Karena kalau pakai panty liners takut2 ada ketuban rembes atau apa gak berasa.
Menjaga kebersihan vagina itu untuk jaga agar ketuban gak pecah dini kata dokter. Jadi kalau cawi (yang lebih halus dari cebok apa sih??!), basuhnya ke arah belakang. Selalu keringkan pakai tissue biar gak lembab. Pokoknya aku jaga banget si vagina ini, lagi2 karena ingin seminim mungkin intervensi medisnya nanti..

– berhubungan suami istri, tetep! Pertama kali ke dokter tanya tentang ini dan dokter bilang aman, asal dengan posisi yang gak menekan perut (yaiyalah, dok)

– minum air kelapa.. Banyaak.. Berhenti di bulan ke 8. Hasilnya? Pas lahir anakku tetap banyak bintik2 putihnya hehehe

– selalu ajak ngobrol ‘kakak bayi’ atau janin di dalam perut. Bacain buku cerita atau ngarang dongeng sebelum tidur, suamiku hobi bangett hehe

– bikin financial planning dan siapin dana pendidikan :p ini serius loh! Aku sampe keliling survey sekolah yang dimau, dari pre school sampe SMA! Haha

– berdoa berdoa berdoa! Ikhlas, pasrah dan berserah. Pada waktu kehamilan beberapa teman kehilangan bayi dalam kandungannya. Sempet bikin parno, tapi yakin aja dalam hati kalau memang menurut Tuhan aku siap, aku akan bertemu bayi dalam kandunganku dalam keadaan normal, sehat, sempurna.

Amin, alhamdulillaaah :’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s